Macam-Macam Cara Menanak Nasi dan Kelebihannya | Breaktime
Macam-Macam Cara Menanak Nasi dan Kelebihannya
03.10.2016

B’Timers, perangkat apakah yang Anda gunakan untuk memasak nasi? Tentu kebanyakan dari Anda menggunakan rice cooker, bukan? Memasak menggunakan rice cooker memang sangat praktis. Akan tetapi, ternyata cara memasak nasi tidak hanya satu cara! 
Sebelum ditemukannya rice cooker, masyarakat Indonesia telah lama memasak nasi dengan menggunakan alat masak tradisional. Nasi yang dihasilkan pun konon lebih pulen dan lebih lezat dibandingkan hasil nasi yang dimasak dengan menggunakan rice cooker. Yuk, simak informasi di bawah ini!

  • Metode Mengukus

Cara memasak nasi dengan cara mengukus adalah metode terdahulu yang digunakan masyarakat Indonesia. Seiring dengan terjadinya modernisasi, cara memasak nasi ini pun mulai memudar, tetapi Anda masih dapat menemuinya di daerah pedesaan. Metode ini menggunakan dandang yang dipanaskan dengan api dari tungku. Kelebihan dari metode ini adalah nasi tidak berkerak dan pulen. 

Sedangkan kekurangan dari cara memasak nasi ini adalah waktu yang dibutuhkan tergolong cukup lama sehingga tidak sesuai dengan kehidupan kota yang sibuk, vitamin-vitamin yang terdapat di dalam nasi banyak berkurang akibat proses memasak yang terlalu lama, dan alat yang digunakan juga banyak sehingga tidak cocok bagi Anda yang memiliki waktu terbatas untuk mencuci peralatan masak. 

  • Metode Merebus (Liwet)

Berbeda dari metode sebelumnya, cara memasak nasi dengan cara merebusnya ini tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. Alat yang dibutuhkan juga hanya satu, yaitu panci yang tebal. 

Kelebihan dari cara memasak ini adalah, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama sehingga vitamin yang terkandung dalam beras tidak terlalu banyak berkurang. Akan tetapi, kekurangan dari cara ini adalah, nasi menjadi berkerak dan menempel di panci dan menghabiskan banyak bahan bakar gas.

 

Macam-Macam Cara Menanak Nasi dan Kelebihannya | Breaktime
Memasak nasi bisa dilakukan dengan banyak cara
  • Metode Mengetim 

Cara memasak ini sering digunakan apabila Anda ingin memasak bubur. Namun, cara ini juga bisa digunakan apabila Anda ingin memasak nasi. Anda membutuhkan dua buah panci berukuran besar dan sedang, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Kelebihan dari cara memasak nasi ini adalah butiran nasi tetap utuh dan tidak lengket. 

Vitamin yang tersimpan di dalam nasi juga tidak terlalu banyak berkurang dan tidak berkerak. Akan tetapi ia juga memiliki kekurangan yaitu tidak praktis dan membutuhkan waktu dan bahan bakar yang terlalu banyak.

Nah B’Timers, cara-cara memasak nasi di atas bisa Anda gunakan sebagai alternatif saat mati lampu, lho! (dk)

Share This Article