Wedding Ideas dengan Pangkas Biaya Makanan | Breaktime
Low Budget Wedding Ideas dengan Pangkas Biaya Makanan
22.06.2015

Menurut Dorothy Doyle, seorang pakar kuliner di Culinary Institute of America, hidangan yang dipilih untuk pesta haruslah bisa dimakan dengan cepat dan rapi. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari berbagai noda yang ditimbulkan oleh makanan yang berat. Serta, bisa juga untuk menghindari pembengkakan biaya yang disebabkan oleh pemilihan menu makanan.

Nah, selain itu, Breaktime punya cara untuk memangkas biaya hidangan resepsi yang bisa Anda coba:

Buat appetizer sendiri

Cukup buat appetizer yang mudah
Cukup buat appetizer yang mudah

Mungkin cara ini kedengarannya akan memakan waktu, namun sebenarnya sangat mudah dilakukan apalagi mengingat penduduk Indonesia yang punya kebiasaan tolong-menolong saat ada hajatan. Lebih mudah lagi jika Anda memilih appetizers yang bisa dibuat jauh hari sebelum acara dan disimpan pada kulkas. Cara satu ini bisa menghemat pengeluaran hingga 50 %, lho!

Pilih appetizer ringan

Pilih appetizer ringan seperti buah
Pilih appetizer ringan seperti buah

Para Anda kemungkinan besar akan merasa lapar ketika datang di pesta. Untuk menyiasati hal tersebut, sediakan beberapa makanan ringan seperti halnya crackers, kacang-kacangan, dan juga buah sebagai hidangan pembukanya. Hidangan pembuka ini juga akan mengurangi porsi yang akan diambil pada menu utama.

B.Y.O.B.

Biarkan tamu membawa minuman sendiri
Biarkan tamu membawa minuman sendiri

BYOB atau Bring Your Own Beverages mungkin belum terlalu familiar untuk diterapkan di Indonesia. Namun, Anda bisa mulai merepakannya karena hal ini sah-sah saja untuk dilakukan. Biarkan tamu membawa minuman sendiri, meskipun dibilang sepele namun bisa memangkas pengeluaran yang biasanya malah bisa melebihi budget untuk makanan.

Buat main course sendiri

Buat main course sendiri
Buat main course sendiri

Tidak hanya appetizer yang bisa dibuat sendiri, hidangan utama juga bisa. Namun, pastikan Anda atau keluarga memiliki keahlian yang baik dalam memasak agar nantinya tidak mengecewakan para tamu yang datang. Selain bisa mengemat pengeluaran resepsi pernikahan, memasak main course sendiri juga bisa mempererat tali persaudaraan dan kekompakan antar keluarga.

Bagaimana B’timers? Tertarik untuk menerapkannya di acara pernikahan Anda nanti?

Share This Article