Bagaimana Cara Hilangkan Komedo yang Tepat? | Breaktime
Lezatnya Masakan Juga Tergantung Cara Memilih Dagingnya!
24.11.2015

Banyak sekali masakan khas Indonesia yang diolah menggunakan daging sapi,  contohnya saja rendang, rawon, ataupun juga dendeng. Dengan banyaknya olahan yang bisa dihasilkan dari daging sapi, tidak heran Anda harus ekstra hati-hati dalam memilihnya agar tidak mendapatkan kualitas yang buruk. Berikut ini tips untuk memilih daging sapi berkualitas unggulan pada masing-masing bagian:

Bagian iga (ribs)

Bagaimana Cara Hilangkan Komedo yang Tepat? | Breaktime
Pilihlah daging iga yang lemaknya sedikit dan seratnya lembut

Daging iga biasanya banyak digunakan sebagai bahan steak ataupun juga kaldu. Untuk memilih daging potong bagian iga yang berkualitas bagus, pilihlah yang memiliki serat daging yang lembut dan lemaknya sedikit.

Daging potong bagian punggung (chunk dan blade)

Bagaimana Cara Hilangkan Komedo yang Tepat? | Breaktime
Daging punggung yang memiliki lemak sedikit dan urat yang banyak

Ada dua jenis daging yang ada di bagian punggung, chunk dan blade. Chunk merupakan bagian daging yang terletak pada sekitar leher sampai pundak. Sedangkan blade merupakan daging sapi yang terletak dibawah chunk. Untuk bagian chunk ini, pilihah daging yang memiliki lemak yang sedikit. Meski lemaknya sedikit, urat di dalamnya cukup banyak jadi perlu waktu merebus lebih lama agar bisa empuk.

Sedangkan untuk bagian blade ini bisanya diolah menjadi bistik, sate, oseng-oseng ataupun juga dendeng. Pilihlah daging blade yang memiiki lemak yang sedikit. Berbeda dari bagian chunk, memasak bagian blade ini tak perlu terlalu lama karena justru akan menjadi alot.

Daging bagian leher (neck)

Bagaimana Cara Hilangkan Komedo yang Tepat? | Breaktime
Enak untuk diajdikan soto, pilihlah daging leher yang berkualitas

Daging bagian ini biasanya banyak diolah menjadi sup ataupun juga soto. Untuk memilih bagian ini, ambilah yang memiliki daging tidak tebal, dengan sedikit lemak, namun banyak sekali urat. Dengan banyaknya urat ini sangat perlu sekali untuk memasaknya lebih lama. Cincang terlebih dahulu untuk membuat daging leher ini cepat matang.

Setiap bagian daging sapi memiliki ciri yang berbeda-beda. Maka dari itu terapkan tips di atas untuk mencari daging sapi dengan kualitas terbaik. Selamat memasak! (ya)

Share This Article