Lezatnya Masakan Ayam dari Sabang ke Merauke | Breaktime
Lezatnya Masakan Ayam dari Sabang ke Merauke
22.08.2017

Sebagai salah satu bahan makanan yang paling mudah ditemukan di Indonesia serta paling mudah diolah, tahukah B’timers bahwa masakan ayam menjadi salah satu hidangan favorit yang terdapat dalam khazanah kuliner Nusantara? Dari Sabang hingga Merauke, terdapat aneka ragam hidangan tradisional yang mengandalkan ayam sebagai bahan utama.

Ayam Tangkap dari Aceh

Dari namanya yang unik, B’timers mungkin menduga bahwa Anda harus menangkap ayam hidup terlebih dahulu sebelum dapat memasaknya. Alih-alih menangkap ayam hidup, masakan dari Tanah Rencong ini merupakan ayam goreng biasa yang dibungkus dengan beberapa jenis dedaunan untuk membuat sajian yang memiliki citarasa tersendiri. Cara memasaknya mudah saja lho! Setelah digoreng dengan rempah dan bumbu-bumbu lain, ayam goreng akan dilapisi dengan dedaunan yang juga sudah digoreng terlebih dahulu. Dedaunan tersebut di antaranya ialah daun kari, daun pandan, dan daun salam koja. Nikmati ayam goreng sambil mengunyah dedaunan yang memiliki tekstur kering seperti kerupuk untuk mendapatkan sensasi berbeda paduan rempah dan dedaunan goreng nan renyah.

Ayam Napinadar, Sumatera Utara

Dari Aceh, Breaktime akan mengajak Anda berpindah ke Sumatera Utara. Masakan ayam yang satu ini merupakan hidangan tradisional yang wajib disajikan pada saat pesta adat khusus di Tanah Batak. Uniknya, ayam napinadar diolah dengan menggunakan saus yang berasal dari darah ayam itu sendiri lho! Pertama, panggang ayam terlebih dahulu lalu siram dengan saus yang terbuat dari darah ayam tersebut. Bumbu yang digunakan sangatlah khas Tanah Batak, yakni hasil gilingan halus bawang putih serta andaliman alias merica batak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Disangka, Kopi Bisa Jadi Penyebab Diare, Lho

Ayam Betutu, Bali

Lezatnya Masakan Ayam dari Sabang ke Merauke | Breaktime
B’timers pernah mencicipi lezatnya ayam betutu?

Siapa yang tak familiar dengan kuliner Pulau Dewata yang satu ini? Setiap orang yang pernah berlibur ke Bali pasti pernah menikmati sajian khas yang ebrasal dari daerah Gilimanuk, Bali ini. Awalnya, ayam betutu hanya dihidangkan pada saat ritual keagamaan Hindu saja. Seiring tuntutan perkembangan zaman dan modernisasi, ayam betutu kini dapat Anda temui saat berlibur ke Bali maupun di berbagai rumah makan yang menjual aneka ragam kuliner khas Nusantara. Citarasa khas Bali dalam ayam betutu didapatkan dari balutan rempah pada ayam sebelum dipanggang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fakta Mengejutkan tentang Ayam Goreng yang Kriuk

Ayam Cincane, Kalimantan Timur

Masakan ayam yang berasal dari Pulau Borneo ini merupakan salah satu hidangan yang wajib ada dalam berbagai pesta adat hingga kunjungan tamu kehormatan ke Kalimantan Timur. Meski sekilas nampak seperti ayam bakar pada umumnya, bumbu rempah khas pada ayam cincane membuatnya memiliki tampilan kemerahan menggoda.

Ayam Woku, Sulawesi Utara 

Lezatnya Masakan Ayam dari Sabang ke Merauke | Breaktime
Rasakan pedasnya ayam woku yang menggoyang lidah

Manado, salah satu daerah di Sulawesi utara memiliki menu masakan ayam andalan berupa ayam woku. terbuat dari aneka macam rempah yang memberikan citarasa khas kuliner Nusantara. Uniknya, ayam woku pasti tak lupa menyajikan nuansa pedas yang dijamin menggoyang lidah dan membuat B’timers ketagihan.

Ayam Taliwang, Nusa Tenggara Barat

Di ujung selatan jauh dari pulau Sulawesi, Nusa Tengara Barat menanti B’timers dengan sajian ayam taliwang. Olahan ayam yang satu ini sudah cukup populer di lidah masyarakat Indonesia, terbukti dengan brand Indomie yang sudah mengangkat citarasanya ke dalam salah satu produk mie instan khas citarasa Nusantara andalannya. Tak jauh dari provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat menyajikan Ayam Taliwang. Hmm, mungkin nama ini juga tak asing bagi masyarakat Indonesia. Ayam taliwang merupakan ayam bakas khas daerah Lombok yang dimasak dengan perpaduan berbagai rempah khas. Selain itu, ayam taliwang biasanya disajikan dengan plecing Lombok yang terkenal dengan kelezatan dan pedas membakar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbongkar, Rahasia Resep Soto Ayam Banjar!

Ayam Paniki, Ternate

Dari ujung timur Indonesia, terdapat ayam paniki yang menjadi andalan kuliner masyarakat Maluku hingga Papua. Berasal dari Ternate, olahan ayam khas Indonesia ini akan menggetarkan lidah Anda dengan kombinasi gurihnya santan kelapa dan rasa rempah nan pedas. Nikmati ayam paniki di malam hari yang dingin menggigit untuk menetralisir citarasa pedas dari masakan ayam yang satu ini.

Itu tadi berbagai masakan ayam khas Nusantara. Selamat berwisata kuliner dari Sabang sampai Merauke ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE