“Kriuk” Sehat Tanpa Minyak dari Kerupuk Melarat | Breaktime
“Kriuk” Sehat Tanpa Minyak dari Kerupuk Melarat
11.04.2016

Kalau mendengar kata kerupuk, pasti dalam pikiran B’timers sudah teringat adonan kerupuk yang sudah dijemur matahari hingga kering kemudian digoreng dengan menggunakan minyak panas. Kali ini ada yang beda dengan cara penggorengan kerupuk unik satu ini yang dinamai dengan kerupuk melarat.

Melarat sendiri merupakan bahasa Jawa yang berarti ‘miskin’. Sesuai dengan namanya, kerupuk melarat dinamai seperti itu karena cara penggorengannya dengan menggunakan pasir. Wah, B’timers sudah bergidik ngeri membayangkan kerupuk yang digoreng dengan menggunakan pasir bekas diinjak orang-orang.

“Kriuk” Sehat Tanpa Minyak dari Kerupuk Melarat | Breaktime
Digorengnya menggunakan pasir yang bersih dan aman untuk makanan, lho!

Eits, meskipun digoreng dengan pasir bukan berarti kerupuk asal Cirebon ini jorok, lho! Justru pasir yang digunakan bukan sembarang pasir. Pasir harus melalui sejumlah proses pembersihan dan penyaringan hingga menjadi pasir yang layak digunakan untuk menggoreng.

Ternyata menggoreng kerupuk menggunakan pasir tidak semudah menggunakan minyak, B’timers! Anda harus ekstra sabar menunggu pasir benar-benar panas sebelum memasukkan adonan kerupuk ke dalamnya. Namun, kelebihannya jelas kerupuk pasir ini lebih rendah kolesterol dibandingkan kerupuk yang digoreng dengan minyak.

“Kriuk” Sehat Tanpa Minyak dari Kerupuk Melarat | Breaktime
Penjual kerupuk pasir yang menjajakan dagangan kerupuk dipadukan dengan sambal kental

Selain rendah kolesterol, dari segi rasa pun kerupuk pasir berbeda dengan kerupuk minyak. Rasnya juga lebih gurih alami cocok disajikan dengan nasi maupun dicocol sambal. Teksturnya lebih ringan dan kering. Biasanya kerupuk pasir dijual dalam beragam rasa, mulai dari yang original, manis, dan pedas dapat Anda dapatkan dalam bungkusan plastik bening.

Masalah harga dijamin tidak membuat Anda ‘melarat’. Justru kerupuk dari tepung tapioka ini justru membuat B’timers berhemat karena sangat murah. Kerupuk ini dijual dengan rentang harga 5 ribu hingga 25 ribu rupiah sesuai dengan banyaknya isi tiap bungkusan. Wah, benar-benar jajanan semua kalangan, ya!

“Kriuk” Sehat Tanpa Minyak dari Kerupuk Melarat | Breaktime
Biasanya dijual dalam bungkus bening dan digantung di langit-langit

Sebagai makanan khas Indonesia, kerupuk melarat sudah dikenal hingga seluruh pelosok negeri. Nah, B’timers tentu ingin resep khas buatan Anda dikenali oleh seluruh penjuru Indonesia, kan?

Saatnya untuk Anda menunjukkan bakat Anda menjadi #SmartKoki lewat tantangan dari #BTindCulinary. Info lebih lanjut Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/). Gabung dan raih kesempatan memenangkan beragam hadiah menarik dari Breaktime. Good luck, B’timers! (ft)

Share This Article