“Korean Lovers”, Ini Filosofi dari Makanan Korea | Breaktime
“Korean Lovers”, Ini Filosofi dari Makanan Korea
25.02.2017

Mulai dari Kimchi, Kimbab, Dolsotbab, Tangpyeongchae, Samgyeopsal, Gejang, Banchan dan Miyeokguk tentunya sudah akrab di telinga Anda para penggemar kebudayaan Korea. Iya, kan, B’timers? Nah, untuk makanan Korea, selain tampak menggiurkan dan menggugah selera karena cara mereka menyajikannya, juga tersimpan banyak manfaat kesehatannya, lho, B’timers. Dan juga tersembunyi filosofi di dalamnya.

Wah, seperti apa filosofi yang tersembunyi di balik makanan Korea, ya? Yuk, intip penjelasannya berikut ini, B’timers!

“Korean Lovers”, Ini Filosofi dari Makanan Korea | Breaktime
Kimchi adalah makanan yang harus ada di setiap waktu

Perhatikan saja Kimbab yang meskipun disajikan dengan sederhana, seperti wortel yang diparut, bayam yang dikukus, acar daikon atau lobak, nasi dan rumput laut kering. Anda bisa menemukan hampir semua warna di dalam satu hidangan Korea ini, B’timers. Dan dari fakta tersebut, terbongkarlah bahwa mereka sangat memperhatikan setiap elemen kehidupan dalam menghidangkan setiap jenis masakan, B’timers.

Nah, dari Kimbab saja, kita bisa mengetahui bahwa hampir di setiap hidangan Korea harus dimasukkan 5 warna atau elemen. Terdapat warna putih dari nasi, hitam dari rumput laut kering, merah atau oranye dari wortel yang ditumis, kuning dari acar lobak dan hijau dari bayam. Dan kelima elemen ini berasal dari filosofi Asia mengenai cara mengolah makanan. Tidak hanya di Korea, filosofi ini juga ditemukan di Cina.

Kelima elemen, yang terkadang dapat mengandung lebih dari 5 warna, diakui oleh para leluhur mereka, jika setiap warna yang ditemukan di dalam makanan Korea mewakili unsur-unsur material dalam hidup, B’timers. Dan disebutkan dari kelima elemen itu adalah kayu, api, tanah, logam dan air. Menurut orang Korea, elemen-elemen ini tidak boleh ditinggalkan setiap kali mereka mengolah masakan sehari-hari.

“Korean Lovers”, Ini Filosofi dari Makanan Korea | Breaktime
Harus ada 5 elemen di setiap makanan Korea, B’timers!

Nah, mungkin masih banyak dari Anda yang tidak mengetahui, jika dari elemen yang terlihat pada setiap makanan juga berhubungan dengan organ-organ dalam tubuh manusia dengan lima rasa penting, yaitu asam, pahit, manis, pedas dan asin. Dari semua elemen tersebut dikatakan lebih lanjut tak ada satupun yang lebih penting dari elemen yang lain. Karena menurut mereka semua elemen ini sama pentingnya.

Filosofi di balik makanan Korea ini sebenarnya berasal dari konsep Tao, yaitu ajaran tentang Yin Yang. Di dalam filosofi Korea disebut dengan Eum Yang. Untuk konsep ini tentu sudah bisa kita lihat dengan jelas melalui Taegeuk yang berwarna merah dan biru di bagian tengah bendera Korea Selatan, B’timers. Eum Yang merupakan kekuatan jahat dan baik yang saling melengkapi, bersama untuk suatu keseimbangan.

Semua filosofi yang ada di balik makanan Korea ini mungkin terdengar begitu mistis dan juga beraroma oriental. Namun di balik itu semua, inilah cara yang sebenarnya dibenarkan di dalam memandang hidup ini, B’timers. Nah, di saat filosofi tentang kehidupan itu diterapkan untuk makanan, ini adalah cara yang disarankan untuk memastikan Anda mengonsumsi makanan dengan cara yang sesuai untuk kesehatan.

Dan setiap makanan yang kita konsumsi memiliki aturan yang berbeda, B’timers. Semuanya tergantung dari musim dan keadaan emosi setiap orang yang mengonsumsinya. Ada makanan tertentu yang lebih baik untuk satu orang, sementara untuk orang yang lainnya makanan tersebut tidak terlalu baik untuk mereka konsumsi. Anda mungkin harus makan daging, sedangkan yang lain harus memperbanyak buah.

Kebudayaan Korea modern sangat mencintai tren makanan. Dan itu berarti mereka juga mengikuti tren diet yang sedang berkembang. Namun budaya makanan tradisional Korea yang penuh dengan filosifi di dalamnya ternyata masih bertahan dari serangan jenis makanan-makanan asing yang masuk ke Korea. Nah, sudah tahu, jika makanan Korea menyimpan filosofi yang begitu mendalam, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE