Langkah Mudah Marinasi Agar Daging Kaya Rasa | Breaktime
Langkah Mudah Marinasi Agar Daging Kaya Rasa
02.08.2016

Menambah percikan bumbu-bumbu ke dalam makanan favorit memang menyenangkan, ya, B’timers? Nah, salah satu cara paling sederhana untuk memberikan rasa pada makanan adalah marinasi atau merendam dengan bumbu. Namun kebanyakan orang tidak melakukannya dengan benar, sehingga bumbu pun tidak meresap sempurna. Yuk, intip seperti apa langkah mudah marinasi agar daging kaya rasa, B’timers!

Langkah utama untuk marinasi daging

Untuk marinasi yang baik, Anda harus memperlakukan daging seperti spons. Tuangkan bumbu di atas makanan, biarkan meresap sebentar. Baru Anda bisa memasaknya. Ada berbagai macam bumbu yang bisa Anda gunakan untuk marinasi, B’timers. Termasuk di dalamnya, bumbu teriyaki untuk hidangan Asia, bumbu untuk steak dan bumbu berbasis yogurt untuk hidangan Timur Tengah.

Dan, langkah mudah marinasi agar daging kaya rasa adalah dari bumbu yang terdiri dari bahan asam, seperti cuka, jus lemon, anggur atau yogurt, ditambah dengan minyak dan rempah lainnya. Nah, bahan asam ini digunakan untuk melembutkan makanan, B’timers. Jadi bahan makanan yang Anda marinasi akan lebih mudah menyerap bumbu dan rasa dari saus.

Langkah Mudah Marinasi Agar Daging Kaya Rasa | Breaktime
Gunakan bumbu jadi atau pakai racikan Anda sendiri

Aturan cara merendam daging sebelum diolah

Sebaiknya lakukan dari semalam sebelum Anda akan mengolah daging, B’timers. Well, setidaknya bisa di pagi hari sebelum Anda berangkat kerja, sih. Setelah dibumbui, simpanlah bahan makanan dalam kulkas. Jangan pernah meninggalkannya di ruangan bersuhu hangat, ya? Anda perlu menyimpannya di dalam plastik. Dan usahakan menutup rapat wadah yang Anda gunakan.

Pernah berpikir untuk menggunakan saus rendaman untuk dimasak kembali, B’timers? Jangan pernah melakukan itu! Karena di dalam bumbu mengandung bakteri yang datang dari daging mentah. Jika Anda sudah memakai bumbu, langsung buang, ya? Dan aturan yang terakhir adalah, jangan marinasi daging di dalam wadah alumunium atau menggunakan alumunium foil, karena dapat menghasilkan reaksi kimia.

Selamat mencoba dengan langkah mudah marinasi agar daging kaya rasa, ya, B’timers! (NO)

Baca juga : JANGAN PERNAH MEMANASKAN 5 MAKANAN INI DI MANAPUN!

Share This Article