Kurang Dari Semenit Kupas Telur Rebus, Kok Bisa?
Kurang Dari Semenit Kupas Telur Rebus, Kok Bisa?
22.07.2017

B’timers, Anda pecinta hidangan telur bumbu petis atau kuliner gudeg? Jika iya, pasti Anda akan menemukan menu telur rebus sebagai bahan utama pada kedua masakan tersebut. Pada kuliner telur bumbu petis, telur rebus alias hard-boiled egg dimasak bersama bumbu petis encer yang sudah dtambahi sentuhan rempah-rempah sedap. Berbeda lagi dengan peran telur rebus pada masakan gudeg yang direbus bersama bumbu gudeg agar warnanya berubah kecokelatan. Bukan cuma pada masakan kuliner nusantara, telur rebus juga banyak dipakai lho di kuliner western seperti contohnya pada hidangan caesar salad.

Telur rebus yang lezat menggoda untuk segala masakan
Telur rebus yang lezat menggoda untuk segala masakan

Ini bukanlah sesuatu yang mengherankan sih mengingat telur rebus memang rasanya amat gurih menggoda serta lebih sehat bila dibandingkan dengan telur goreng. Teksturnya lebih kenyal dan lebih lembut sehingga banyak membuat siapa saja ketagihan dalam mengonsumsinya. Akan tetapi, ada struggle tersendiri ketika hendak memakan atau mengolah kembali telur rebus untuk dijadikan sebuah masakan. Ya, mengupas cangkangnya itu lho yang bikin kita sering malas dan keki kalau mau menyantap si telur rebus ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fakta Mengejutkan tentang Ayam Goreng yang Kriuk

Kalau tak hati-hati, bagian putih telur pada telur rebus bisa ikut terangkat bersama si cangkang. Alhasil, bentuk telur rebus jadi tak bulat sempurna dan kita jadi membuang bagian putih telur yang penuh gizi itu deh. Tapi kecerobohan seperti ini tak akan terjadi selama Anda menguasai lima trik mengupas telur yang berikut ini.

BACAJUGA:2 

Trik pertama, manfaatkan soda kue untuk membuat cangkang telur menjadi lebih longgar dan mudah untuk dilepaskan. Caranya mudah, cukup tuangkan satu sendok teh soda kue ke dalam air rebusan telur sebelum telur siap untuk direbus. Pada dasarnya soda kue mengandung sifat alkalin alami yang notabene sangat berguna dalam memecah kelengketan antara cangkang dan putih telur. Jadi jangan takjub ya kalau cara ini bukan cuma sekedar hoax dan memang terbukti efektif dalam membantu mengupas kulit telur.

Ingin mengupas cangkang telur secara lebih mudah? Pakai soda kue!
Ingin mengupas cangkang telur secara lebih mudah? Pakai soda kue!

Bila tak punya soda kue di rumah, Anda bisa memanfaatkan peralatan dapur seperti toples atau talenan. Cara pertama, masukkan telur rebus yang telah matang ke dalam toples sampai penuh. Baru setelahnya isi toples dengan air dingin dan tutup rapat toples tersebut. Kocok-kocok toples sampai telur-telur rebus di dalamnya saling bertubrukan. Ini yang akan membuat dinding cangkang telur retak-retak dan membuatnya jadi lebih gampang untuk dikupas.

Kalau memakai talenan, Anda cukup menaruh telur rebus di atasnya dan tekan telur sambil digelindingkan secara perlahan. Saat menekan telur jangan terlalu bertenaga karena tentu saja akan berpotensi membuat bagian dalam telur menjadi hancur.

BACAJUGA:3 

Untuk cara yang lebih effortless, Anda bisa memilih untuk memasukkan telur mentah guna direbus di air yang sudah  panas. Yang dimaksud dengan ini ialah dengan memasukkan telur mentah setelah air rebusan sudah mendidih, bukan ketika air rebusan masih dingin. Cara ini lho yang bikin telur matang lebih cepat dan cangkang telur juga tak akan heboh melekat di bagian putih telur akibat proses memasak yang lama.

Dan untuk cara yang terakhir adalah cara yang berkebalikan 180 derajat dengan cara sebelumnya— yakni setelah telur rebus matang Anda wajib merendamnya di dalam air dingin penuh es batu. Pokoknya rendam saja telur rebus tersebut selama kurang lebih 15 menit. Niscaya, cangkang telur akan sangat gampang terlepas dan bagian putih telur masih akan terjaga bentuk serta kemulusannya. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE