Kulit Sayuran Sebaiknya Dikupas Atau Tidak Sih? | Breaktime
Kulit Sayuran Sebaiknya Dikupas Atau Tidak Sih?
14.02.2016

Ketika Anda terlambat pulang dari kantor dan perut Anda sudah keroncongan minta diisi, mengupas sayuran sebelum dimasak akan terasa sangat menyiksa. Anda seperti membuang banyak waktu hanya untuk mengupas kulit sayuran. Pertanyaan, apakah mengupas kulit sayuran itu harus dan perlu?

Ternyata tidak, B’timers! Terlepas apakah sayuran Anda organik atau tidak, selama Anda mencucinya hingga benar-benar bersih, sah-sah saja Anda memasak sayur tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Bahkan, Anda dianjurkan untuk memasak sayuran dengan kulit tanpa dikupas. Mengapa?

Kulit Sayuran Sebaiknya Dikupas Atau Tidak Sih? | Breaktime
Cuci bersih sayuran jika tidak dikupas

Kulit sayur mengandung serat tinggi

Daging sayuran memang kaya akan serat. Namun, Anda harus tahu bahwa sayuran mengandung serat larut dan tidak larut. Kedua serat tersebut adalah komponen penting dengan manfaat tinggi untuk diet sehat. Nah, serat larut yang bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal ini ternyata banyak ditemukan di bagian kulit sayur.

Menambah cita rasa yang lezat dalam masakan

Irisan mentimun tanpa kulit terasa membosankan dan hambar, bukan? Nah, masakan dengan bahan  mentimun akan memiliki cita rasa yang lebih enak jika Anda meninggalkan kulitnya. Begitu halnya dengan kentang panggang. Sulit sekali berdebat dengan fakta bahwa bagian terbaik dari kentang panggang adalah perpaduan kulitnya yang renyah dan dagingnya yang lembut.

Kulit Sayuran Sebaiknya Dikupas Atau Tidak Sih? | Breaktime
Kentang panggang nikmat dengan kulit

Sayuran lainnya yang menambah cita rasa karena tidak mengupas kulitnya adalah wortel dan lobak. Meski berkulit tipis, memasak wortel dengan dikupas dan tanpa dikupas akan menghasilkan rasa masakan yang berbeda. Selain menambah cita rasa, meninggalkan kulit tanpa dikupas akan membuat tekstur masakan jadi lebih menggiurkan.

Sayangnya, meski Anda boleh dan bahkan dianjurkan untuk tidak mengupas kulit sayuran, tetap ada beberapa sayuran yang harus Anda kupas sebelum dimasak. Sayuran tersebut adalah labu-labuan, labu siam, pepaya muda, akar seledri, kohlrabi dan beberapa sayuran yang berkulit tebal dan keras lainnya. Selain itu, sayuran dengan banyak getah juga harus dikupas sebelum dimasak.

Mengupas kulit sayur atau tidak juga tergantung pada kebutuhan masakan. Jika Anda hendak mamasak lasagna, wortel kukus dan lain sebagainya, maka sebaiknya kulit sayuran tersebut dikupas terlebih dahulu. (nap)

Share This Article