Kopi Termahal Di Dunia Berasal Dari Indonesia | Breaktime
Kopi Termahal Di Dunia Berasal Dari Indonesia
06.12.2016

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat, ada banyak vaietas dari kopi, mulai dari jenis tanaman hingga metode pemrosesnya  yang terkadang unik. Beberapa jenis kopi saat ini semakin berkembang dan menjadi minuman yang memiliki nilai jual tinggi, alasannya karena aromanya dan rasanya yang memiliki kualitas tinggi, seperti kopi luwak misalnya. Kopi luwak adalah kopi asal Indonesia yang sudah terkenal di kalangan internasional dan harganya pun cukup tinggi.

Kopi Termahal Di Dunia Berasal Dari Indonesia | Breaktime
luwak asli Indonesia

Sebagai orang Indonesia Anda patut bangga karena kopi yang memiliki aroma dan rasa yang cukup tinggi ini berasal dari Indonesia. Kopi luwak sebenarnya ditemukan karena ketidak sengajaan pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Saat itu pemerintah belanda memiliki perkebunan kopi arabika yang berada di pulau jawa dan sumatra, bibit dari biji kopi arabika ini didatangkan langsung dari Yaman. Pada saat itu pemerintah Belanda sangat melarang para petani Indonesia memetik biji kopi dari perkebunan mereka, tapi suatu hari para petani tersebut menemukan biji kopi yang terdapat di dalam kotoran. Karena masa yang sulit akhirnya para petani Indonesia itu mencuci bersih biji kopi yang berada didalam kotoran lalu mengolahnya menjadi minuman kopi, ternyata para petani itu merasakan sensasi dan rasa yang berbeda dari kopi yang mereka temukan. Akhirnya mereka mencari tahu dari mana asal kotoran tersebut, dan menemukan ternyata hewan musang lah yang berada dibalik rasa yang nikmat itu. Pemerintah Belanda akhirnya mengetahui hal tersebut dan sejak saat itulah kopi musang atau luwak menjadi minuman kesukaan para bangsawan Belanda, karena kelangkaan dan prosesnya yang tidak lazim membuat kopi ini menjadi kopi termahal sejak jaman Belanda.

Seekor luwak hanya mampu memproduksi tidak sampai setengah kilo gram perharinya, hal ini jugalah yang memnuat harga kopi luwak mahal karena produksinya terbatas. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE