Resep Kopi Luwak, Tak Cuma Nikmat Tapi Juga Bermanfaat
Kopi Luwak, Tak Cuma Nikmat Tapi Juga Bermanfaat
23.08.2015

Kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi termahal di dunia. Proses pengolahan yang tidak biasa adalah salah satu penyebab mahalnya harga kopi yang satu ini. Kopi yang satu ini berasal dari buah kopi yang dimakan oleh musang liar dengan nama latin paradoxurus hermaphroditus.

Resep Kopi Luwak, Tak Cuma Nikmat Tapi Juga Bermanfaat
Bentuk kopi luwak sebelum dan setelah diproses

Kopi ini terkenal eksklusif karena melalui proses seleksi dan pencernaan. Seleksi terjadi ketika musang memilih memakan biji kopi. Hanya biji kopi yang baik yang akan dimakan musang. Sedangkan selama mekanisme pencernaan enzim protease musang akan meresap kedalam dan meningkatkan rasa biji kopi yang dimakan. Lantas apa saja khasiat kopi luwak yang harganya mahal ini?

Mancegah kanker

Sebuah penelitian di Harvard Medical School Health Publication menunjukkan bahwa orang yang minum kopi, 50 persen lebih rendah untuk menderita kanker. Penelitian tersebut, khusus dilakukan pada payudara, rectum, dan usus besar. Sebuah penelitian lain oleh Journal of Nutrition menegaskan bahwa wanita yang meminum 4 cangkir kopi luak dalam sehari akan mengalami penurunan risiko kanker payudara hingga 38 persen.

Efektif untuk diabetes

Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2012 menyebutkan bahwa 4 cangkir kopi luwak dalam sehari dapat membantu mereka yang menderita diabetes. Tapi akan beda ceritanya jika Anda menambahkan gula dan creamer ke dalam kopi.

Baca juga: MIE PELANGI SAYURAN, UNIK DAN MENYEHATKAN

Resep Kopi Luwak, Tak Cuma Nikmat Tapi Juga Bermanfaat
manfaat kafein dalam kopi luwak

Mencegah Parkinson

American Academy of Neurology pada bulan Agustus 2012 silam merilis sebuah artikel yang menyatakan, ‘Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menggunakan kafein memiliki risiko lebih kecil untuk mengembangkan penyakit Parkinson’.

Menurunkan risiko batu empedu

Penelitian di Harvard Nurses Health Study yang di terbitkan dalam jurnal Gastroenterology, menyebutkan bahwa wanita yang minum 4 cangkir kopi perhari secara teratur memiliki risiko batu empedu 25 persen lebih rendah daripada yang tidak. Studi lain juga menemukan minum kopi juga dapat menurunkan risiko batu empedu pada laki-laki.

Meredakan nyeri

Journal of Pain pada Maret 2007, menegaskan bahwa minum dua cangkir kopi setelah latihan atau kerja berat dapat mengurangi nyeri otot hingga 48 persen.

Selain manfaat diatas, kopi luwak juga dapat melindungi kulit dan gigi dari bakteri jahat. B’timers sudah pernah merasakan nikmat dan manfaat kopi luwak, belum?

Share This Article