Konsumsi Ikan Bantu Pertajam Daya Ingat | Breaktime
Konsumsi Ikan Bantu Pertajam Daya Ingat: Yes Or No?
22.03.2015

“Let food be thy medicine and medicine be thy food.”

-Hippocrates-

Mulai hari ini, B’timers harus lebih banyak mengonsumsi ikan untuk mencegah penurunan daya ingat yang cenderung terjadi seiring bertambahnya usia, seperti yang disampaikan dalam  American Journal of Preventive Medicine.

Ya, asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan seperti salmon dan sarden tidak hanya bisa mengurangi risiko penyakit jantung, kanker payudara, dan berbagai penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis yang terjadi ketika seseorang menua. Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan untuk menguji daya ingat, para peneliti menganalisa data selama 10 tahun yang melibatkan 260 orang berusia 65 tahun ke atas. Para partisipan tersebut mulai mengikuti proses penelitian awal tahun 1989 di mana pada saat itu tak ada seorangpun yang menderita masalah kognitif ataupun demensia dan mereka melakukan tes darah serta MRI secara rutin pasca peneltian.

Seratus enam puluh tiga partisipan mengkonsumsi ikan yang dipanggang atau direbus paling tidak sekali dalam seminggu, sementara 97 partisipan mengkonsumsinya lebih sedikit. Dan hasil penelitian menunjukkan mereka yang memakan lebih banyak ikan mengalami 14% lebih sedikit masalah pada otak, terkait ingatan dan kesadaran.

“Selama ratusan tahun ikan dipercaya sebagai brain food, kini kita punya bukti bahwa ikan juga baik untuk kesehatan,” kata Dr. William Harris, seorang profesor dari Sanford School of Medicine di University of South Dakota di Sioux Falls.

Lalu, apakah ada resiko dari mengkonsumsi ikan? Menurut American Heart Association (AHA), beberapa ikan tidak memiliki kandungan merkuri yang tinggi dan kontaminasi lainnya. AHA pun menyampaikan bahwa ada lebih banyak manfaat ketimbang risiko dari mengkonsumsi ikan baik bagi pria maupun wanita.

Bagi B’timers yang merupakan vegetarian, tak perlu khawatir. Meski AHA merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu, penggantinya yakni suplemen minyak ikan juga dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

Share This Article