Kombinasi Unik Thai Food dan Wine | Breaktime
Kombinasi Unik Thai Food dan Wine
09.11.2017

Bukanlah suatu hal yang baru ketika wine dinikmati dengan khazanah kuliner dari luar negeri Eropa. Sebelum berkonsultasi dengan sommelier alias pakar wine ternama, ada baiknya B’timers mampir berwisata kuliner ke resto Kris Yenbamroong di Los Angeles, Amerika Serikat untuk mendapatkan pengalaman gastronomi tak terlupakan. Di mana lagi Anda akan dimanjakan dengan aneka masakan Thailand yang pedasnya nendang, lalu berpadu sempurna dengan kesegaran wine. Lupakan apa kata para sommelier kelas dunia karena pengalaman banyak pengunjung Yenbamroong mengajarkan bahwa kombinasi epic dari wine dan Thai food memberikan kesejatian ekstatik dari kuliner Negeri Gajah Putih tersebut.

Restoran Thailand dengan nama komplit Night + Market: Delicious Thai Food to Facilitate Drinking and Fun-Having Amongst Friends tersebut memang didekasikan untuk penggemar wine dan Thai food sekaligus. Gagasan mengenai menikmati wine secara kasual tanpa harus didampingi dengan kuliner tertentu jauh lebih terjangkau oleh masyarakat awam. Demikian juga dengan budaya Thailand yang tak mengenal adanya produksi maupun konsumsi wine secara tradisional. Dengan demikian, tak ada aturan baku mengenai jenis wine apa yang harus ditenggak dengan masakan tertentu. Alih-alih wine, penduduk Thailand biasa menyajikan aneka minuman segar yang sesuai sebagai pendamping Thai food yang cenderung pedas dan bercitarasa kuat. So, might as well drink wine, right?

Beberapa kelompok individu menyukai wine yang disimpan berlama-lama, semakin tua semakin nikmat rasanya. Namun tak ada salahnya bagi B’timers untuk takluk pada godaan minum wine untuk mendampingi acara makan Thai food bersama kawan atau kerabat. Lagipula sudah jadi rahasia umum bahwa wine berusia puluhan tahun tak hanya nikmat ditenggak, tapi juga tak ramah kantong. Sebagai produk agrikultur yang diciptakan di lahan pertanian desa, wine pada dasarnya diproduksi oleh para petani sebagai teman bersenang-senang dan bersenda-gurau, jauh sebelum wine dinikmati secara berkelas lewat adanya profesi sommelier.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Sehat & Praktis Menyimpan Makanan di Kulkas
Kombinasi Unik Thai Food dan Wine | Breaktime
Kesegaran wine menjadi pendamping sempurna bagi citarasa pedas khas masakan Thailand

Bir dingin atau wiski soda terkadang bisa menjadi pendamping mengasyikkan bagi aneka sajian khas Thailand, demikian juga dengan icy Singha atau Miller High Life. Namun menenggak wine di sela tiap sendok masakan Thailand dijamin akan mengantarkan Anda kepada dimensi lain dalam kenikmatan gastronomi. Anda menyukai sensasi kesegaran red wine? Cobalah menyimpannya selama sekitar 30 menit di lemari pendingin sebelum diminum. Citarasa buah akan makin menonjol saat dinikmati dengan masakan Thailand nan pedas. Wine Gamay-based, khususnya yang berasal dari kawasan Loire Valley akan sempurna dinikmati bersama citarasa babi panggang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Praktis Mengupas dan Mengiris Bawang Merah

Prancis punya istilah khusus untuk naturally sparkling wine, yakni Pétillant naturel atau yang sering disebut sebagai Pét-Nat. Dengan citarasa yang jauh lebih alami dan vulgar, serta tentunya harga yang jauh lebih terjangkau daripada sampanye, sparkling wine akan jauh lebih nikmat untuk ditenggak bersama dengan makanan bercitarasa kompleks dan aroma rempah yang kuat seperti masakan Thailand. Kesegaran alaminya sangatlah sesuai untuk mengawali acara makan atau membersihkan sisa rempah nan pedas di lidah Anda di akhir makan. Pét-Nat dengan rasa yang lebih manis sangat sempurna untuk disajikan sebagai pengganti dessert.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Belanja Makanan Italia di Amerika

Wine berjenis chenin blanc pada dasarnya dapat dengan mudah dinikmati bersama hampir setiap menu Thai Food di Yenbamroong. Riesling juga bisa menjadi pilihan tepat dalam setiap jenis masakan Asia, tak hanya yang menggunakan resep tradisional masakan Thailand. Menikmati seafood, sebaliknya, belumlah lengkap tanpa menenggak white wine yang seringkali mengandalkan sentuhan rasa asin dan gurih. Orange wine yang diimpor khusus dari Republik Georgia juga bisa pendamping setia saat mencicipi kelezatan salad tuna atau tuna kalengan.

Wine yang diproduksi dengan cara oksidasi dapat dinikmati dengan cara unik bersama dengan aneka gorengan, kudapan bercitarasa asin, hingga segala jenis Thai food yang memiliki rasa dan aroma kuat. Wine berjenis fino atau manzanilla sherry dengan citarasa uniknya dapat menjadi teman sejati saat menikmati shrimp paste chile dip, seasoned fried peanuts, hingga royal tuna tartare. Dari berbagai jenis wine yang diproduksi di seluruh dunia, hampir seluruhnya memiliki pasangan tersendiri dalam khazanah kuliner Thailand. Selamat berkreasi dengan Thai food dan kesegaran wine ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE