Ketahui Disini Cara Makan Sushi yang Benar | Breaktime
Ketahui Disini Cara Makan Sushi yang Benar
29.09.2016

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang tampaknya sangat mudah untuk memakannya. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada tata cara yang baik dan benar untuk memakan sushi. Apakah sushi harus dimakan dengan menggunakan jari-jari atau sumpit? Dicelupkan ke dalam kecap? Dicocol dengan wasabi? Yang pertama harus Anda ketahui adalah jenis sushi yang akan Anda makan dan bagaimana etika orang Jepang saat memakannya. Berikut ini penjelasan cara makan sushi yang baik dan benar.

1. Pastikan pesanan sushi Anda datang bersama dengan cuka

Sushi berasal dari kata shu yang berarti cuka dan meshi yang berarti nasi. Jadi sushi adalah nasi yang dibumbui cuka. Setiap sajian sushi tentu saja akan didampingi dengan cuka.

2. Kenali berbagai jenis sushi

Sushi memiliki beragam jenis dan bentuk serta tampilan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ketika Anda akan makan sushi harus mengenalinya terlebih dahulu agar tidak salah.

Baca juga : JANGAN MEMASAK BAHAN INI DENGAN MICROWAVE!

3. Menjaga nasi agar tetap kering

Jika Anda menyantap nigirizushi celupkan pada kecap atau cuka secara terbalik sehingga nasi tetap kering. Ketika menyantap makizushi bisa mencelupkan bagian bawah namun jangan terlalu berlebihan.

4. Makan menggunakan jari-jari

Untuk kaum elit Jepang, makan sushi dengan menggunakan jari akan lebih disukai. Selain itu juga, akan memudahkan Anda menyantap sushi.

5. Makan menggunakan sumpit

Sedangkan makan sushi dengan menggunakan sumpit berurusan dengan etika. Anda akan terlihat lebih sopan. Penggunaan sumpit pun tidak sembarangan.

Ketahui Disini Cara Makan Sushi yang Benar | Breaktime
Tips makan sushi yang baik dan benar seperti orang Jepang

6. Jangan mencampur wasabi dengan kecap asin

Jangan sekali-kali mencampurkan wasabi dengan kecap asin. Taruh wasabi langsung di atas sushinya dan hati-hati wasabi itu rasanya pedas, lho!

7. Makan sushi roll terlebih dahulu

Usahakan untuk memulai dengan memakan sushi yang dibungkus dengan rumput laut. Agar rumput laut tidak lembek dan sulit untuk digigit.

8. Jangan makan asinan jahe bersamaan dengan sushi

Asinan jahe berfungsi untuk membersihkan indera perasa agar rasa potongan sushi tidak tercampur dengan potongan selanjutnya. Jadi sebaiknya makan secara terpisah di antara atau di akhir makanan Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai cara yang benar makan sushi, kini Anda sudah tahu, kan? Dan pasti Anda pernah melakukan kesalahan dalam memakan sushi. (vpd)

Share This Article