Mem-Fillet Ikan ? Ada Tips Rahasianya lho! | Breaktime
Kesusahan Mem-Fillet Ikan, Berarti Anda Belum Tahu Rahasianya
17.12.2015

Bagaimana cara B’timers membersihkan ikan selama ini? Apakah langsung membeli dalam bentuk sudah berupa potongan fillet yang bersih? Sebenarnya meskipun Anda bukan seorang nelayan, atau penjual ikan di pasar, ada baiknya membersihkan ikan yang akan dijadikan menu makan malam sendiri. Mengapa? Selain kebersihannya lebih terjamin, juga lebih hemat. Dengan membeli ikan utuh, kesegarannya pun lebih terjaga.

Sebelum membeli, perlu Anda ketahui cara memilih ikan yang masih baru, yaitu, jika bagian perutnya ditekan, akan kembali ke bentuk semula, matanya jernih dan bersih. Dan baunya adalah bau laut, bukan amis. Dan Anda juga bisa bertanya ke penjualnya cara memotong ikan yang benar, untuk kemudian dipraktekkan di rumah.

Mem-Fillet Ikan ? Ada Tips Rahasianya lho! | Breaktime
Dengan menguliti ikan segar sendiri di rumah, Anda bisa menjamin kebersihannya

Teknik memotong

Pastikan sebelum membersihkan ikan, Anda mengenakan sarung tangan. Hal tersebut untuk menghindari bau amis tertinggal di tangan.

Letakkan ikan di atas papan talenan. Dan buang bagian kepala, dengan cara memotong secara diagonal di belakang insang. Lalu pisahkan bagian kepala. Lakukan hal yang sama dengan bagian ekornya. Setelah itu, pisahkan daging ikan dari durinya. Belah di bagian tengah menggunakan pisau fillet, lakukan perlahan dari bagian kepala sampai ekor. Jika diperlukan, lakukan lebih dari sekali untuk memisahkan daging dan tulang ikan. Kemudian potong di bagian sirip atas untuk memisahkan daging.

Bagian perut yang lebih tipis bisa Anda buang, atau sisihkan untuk menu lain. Karena jika dimasak secara bersamaan, bagian tersebut akan lebih cepat matang dibanding bagian lain yang mengandung lebih banyak daging.

Untuk memisahkan bagian kulitnya, Anda bisa mulai dari bagian ekor. Sudut kemiringan pisau sekitar 30 derajat, untuk memisahkan kulit tanpa memotong. Gerakkan perlahan pisau tersebut, lalu pegang kuat dan tarik bagian kulit selama Anda memotong.

So, bagaimana, B’timers? Tidak terlalu sulit kan, memisahkan daging ikan dari kulit dan tulangnya? Selain kebersihannya yang terjaga, bagian ikan yang lain misalnya bagian perut bawah, bisa diolah menjadi makanan lain. (no)

Share This Article