Kesalahan Sering Dilakukan Ketika Memasak Pasta | Breaktime
Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Memasak Pasta
21.12.2015

B’timers, jangan lakukan kesalahan ini ketika memasak pasta, ya?

Yaiks, spaghetti-nya terlalu lembek! Dan anak-anak pun kehilangan selera makannya. Sementara Anda kebingungan membujuk mereka untuk makan dan memikirkan menu yang akan disiapkan dalam waktu singkat setelah gagal menyajikan spaghetti saos bollognesse.

Pasta terbuat dari gandum menjadikannya sumber karbohidrat kedua seletah beras. Karena kepraktisan dalam mengolahnya pun membuat kita sering beralih ke makanan khas Italia ini untuk makan siang di rumah. Memang, banyak yang menganggap pasta merupakan bahan paling simple untuk disiapkan. Dan hal tersebut memang benar, jika saja kita tahu cara mengolahnya.

Seperti dilansir dari laman Real Simple, Sarah Humphreys dan Sarah Karnasiewicz menjelaskan bagaimana meminimalisir kesalahan yang biasa kita lakukan saat mengolah pasta, sebelum makan siang Anda berikutnya.

Kesalahan Sering Dilakukan Ketika Memasak Pasta | Breaktime
Spaghetti yang lezat adalah yang tingkat kematangannya cukup
  • Jangan tambahkan minyak ke dalam air

Kebiasaan kita sebelum merebus pasta, pasti menambahkan sedikit minyak ke dalam air, untuk menghindari pasta yang menempel. Namun, ini saatnya Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Karena dengan menambahkan minyak, akan membuat pasta tidak dapat menyatu dengan saos. Dan selain itu, penambahan minyak juga ternyata belum tentu menjamin pasta tidak lengket selelahnya.

  • Jangan biarkan pasta di dalam air, dan meninggalkannya

Anda harus memastikan proses memasaknya tidak terlalu lama. Terkadang karena menyambi melakukan kegiatan lain, Anda meninggalkan pasta dalam air mendidih, dengan harapan ketika kembali pasta sudah matang. Salah! Selain akan membuat pasta terlalu lembek, hal tersebut juga akan membuat mereka lengket.

  • Jangan masak pasta terlalu lama

Well, seperti poin sebelumnya, B’timers. Lebih baik masukkan pasta setelah air mendidih. Dan masak pasta tidak lebih dari 3 menit. Yang terpenting adalah tekstur pasta sudah bisa dikunyah, artinya pasta sudah matang. Jangan sampai Anda memasukkan pasta sebelu air mendidih, itu akan membuat teksturnya terlalu lembek.

  • Jangan tiriskan pasta dan membilasnya dengan air dingin

Sebenarnya Anda tidak perlu meniriskan pasta setelah matang, lalu membilasnya dengan air dingin. Akan lebih baik jika Anda langsung letakkan pasta pada saosnya. Dengan begitu saosnya bisa tercampur merata dengan pasta.

So, B’timers, setelah mengetahui kesalahan yang biasa kita lakukan dalam memasak pasta, semoga selanjutnya Anda dapat menyajikan pasta lezat untuk keluarga, ya. (no)

Share This Article