Tanaman Bumbu Dasar Masakan Italia | Breaktime
Kenali Tanaman yang Jadi Bumbu Dasar Masakan Italia
27.12.2015

Di antara berbagai menu Western food, barangkali B’timers akan lebih cenderung menggemari masakan Italia. Suasana yang romantis dan cita rasa makanan lezat yang pas di lidah membuat Anda enggan berpaling untuk mencoba menu masakan negara Eropa lainnya. Nah, tahukah Anda bumbu-bumbu apa saja yang bisa menyulap Italian food begitu menggoyang lidah? Yuk, simak ulasannya!

Basil

Tanaman Bumbu Dasar Masakan Italia | Breaktime
Daun Basil banyak dikombinasikan dengan pasta tomat

Daun basil merupakan tanaman yang paling banyak digunakan untuk membuat kuliner Italia. Bila B’timers mengamati proses dasar memasak makanan Italia, Anda akan melihat bahwa sebagian besar masakan diawali dengan saus tomat. Nah, basil merupakan paduan sempurna yang mampu meningkatkan cita rasa saus tomat, sup, dan bumbu marinasi.

Bahkan, tak ada yang sanggup menandingi fresh pesto yang terbuat dari Genovese basil leaves, minyak zaitun, bawang putih, dan walnut. Bila memiliki tanaman basil di rumah, Anda bisa memangkas tangkai bunganya agar daunnya tetap tumbuh rimbun. Saat akan mengolahnya, petik pucuk daun basil, satukan dalam ikatan dan gantung di tempat yang sejuk dan kering agar bisa digunakan kapan saja.

Oregano

Tanaman Bumbu Dasar Masakan Italia | Breaktime
Oregano banyak digunakan dalam menu salad

Basil dan oregano ibarat dua sisi mata uang yang tak bisa terpisahkan. Umumnya, kombinasi basil dan oregano banyak digunakan pada makanan Italia yang berbahan dasar tomat serta daging atau ikan di sejumlah menu salad.

Seperti halnya basil, oregano akan mengeluarkan rasa terbaiknya bila B’timers memetik daun ini sebelum berbunga. Namun, selain di Italia, oregano juga banyak digunakan di sejumlah makanan Mediterania. Selain peranannya dalam memperlezat makanan, oregano juga memiliki kandungan serat dan antioksidan tinggi yang bagus untuk kesehatan pernapasan Anda.

Rosemary

Tanaman Bumbu Dasar Masakan Italia | Breaktime
Rosemary banyak digunakan dalam menu kalkun bakar

Rosemary umumnya bumbu yang paling tepay untuk dikombinasikan dengan kambing, ayam, serta kalkun bakar. Tanaman yang memiliki daun runcing ala pinus ini umumnya dipotong kecil-kecil dan ditaburkan pada berbagai kuliner Italia lainnya.

Bahkan, daun rosemary yang dikeringkan juga dapat diseduh menjadi teh hangat yang sangat menyegarkan. B’timers juga bisa menanam rosemary di kebun rumah karena tanaman ini memiliki aroma yang mampu menyegarkan pikiran saat dihirup.

Bawang putih

Tanaman Bumbu Dasar Masakan Italia | Breaktime
Bawang putih, bumbu tak tergantikan dalam makanan Italia

Bawang putih merupakan bumbu ajaib yang mampu membuat masakan Italia begitu spesial. Saking spesialnya, tak ada satu bumbu pun yang mampu menggantikan sentuhan bawang putih pada masakan Italia. Untuk mendapatkan rasa bawang putih yang tepat, pastikan Anda memperhatikan proses penyimpanannya.

Masukkan bawang putih ke dalam kantong plastik dan simpan di dalam freezer. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan bawang putih pada wadah berbahan keramik agar teksturnya tetap fresh dan tak mudah busuk.

Selain empat tanaman tersebut, masih banyak jenis tanaman lainnya yang digunakan oleh para chef untuk membuat makanan Italia. Yuk, tanam beberapa dari tanaman tersebut di rumah dan bereksperimenlah untuk bikin makanan Italia sendiri di rumah. (vsc)

Share This Article