Kenali Mitos dan Fakta Tentang Kopi Tanpa Kafein | Breaktime
Kenali Mitos dan Fakta Tentang Kopi Tanpa Kafein
11.11.2016

Anda mengaku pecinta berat kopi, namun terkadang tak menyukai apa yang dilakukan oleh kafein pada tubuh. Dan inilah yang membuat kita harus memilih antara kafein atau kualitas minuman menyehatkan. Namun beberapa waktu yang lalu dunia dihebohkan dengan satu produk kopi tanpa kafein yang dikenal dengan nama kopi decaf. Yuk, intip mitos dan fakta tentang kopi tanpa kafein berikut, B’timers!

Kenali Mitos dan Fakta Tentang Kopi Tanpa Kafein | Breaktime
Meski tanpa kafein, namun tetap ditemukan kafein

Ada kafein dalam kopi tanpa kafein Anda!

Nah, setelah Anda mengetahui ada kopi tanpa kafein, tentu rasanya seperti ada penyelamat yang paling baik hati datang, ya? Eits, tunggu dulu, B’timers. Karena menurut penelitain terbaru, terbukti masih bisa ditemukan kandungan kafein di dalam secangkir kopi tanpa kafein, lho.

Dari 10 hingga 16 ons kopi tanpa kafein yang berasal dari beberapa café dan restoran tetap ditemukan ada kandungan kafein. Meski kadarnya terbilang cukup sedikit, yaitu berkisar antara 8,6 hingga 13,9 mg. Kandungan tersebut setara dengan sepersepuluh kafein yang ditemukan dalam secangkir kopi biasa.

Baca juga : BAU? EITS, INI MANFAAT JENGKOL BAGI KESEHATAN!

Kenali Mitos dan Fakta Tentang Kopi Tanpa Kafein | Breaktime
Kandungan kafein dalam espresso jauh lebih tinggi, lho

Penelitian dalam minuman tanpa kafein lain

Tidak hanya mengambil contoh dari kopi murni saja, penelitian juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah minuman lainnya yang terbuat dari kopi, seperti espresso tanpa kafein. Ditemukan kandungan kafein di dalamnya sekitar 12 hingga 13,4 mg per 16 ons porsi, B’timers.

Dan dari penelitian tersebut, membuktikan bahwa meskipun dilabeli kopi tanpa kafein, namun minuman tersebut tidak bebas kafein sama sekali, lho. Dan yang cukup mengejutkan adalah, jika Anda mencoba menghilangkan kafein dengan espresso, jumlah kafeinnya justru sama dengan sekaleng Coca-cola!

Sebenarnya kopi tanpa kafein dibuat dengan berbagai teknik, yaitu merendam biji kopi di dalam air agar biji kopi menjadi lembut dan akhirnya mengeluarkan kandungan kafein di dalamnya. Setelah itu biji kopi dan air dipanaskan untuk mengeluarkan kandungan kafein, namun tidak membuang rasa kopi itu.

Nah, setelah tahu apa itu kopi tanpa kafein, sebaiknya cari yang berlabel Naturally decaffeinated. Terapi kopi tanpa kafein juga bisa membantu kecanduan terhadap kafein, lho, B’timers! (NO) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE