Bahan Makanan yang Sebaiknya Tak Ada di Kulkas | Breaktime
Kenali Bahan Makanan yang Sebaiknya Tak Mampir di Kulkas
13.11.2015

B’timers yang gemar memasak pastinya suka sekali belanja berbagai bahan makanan, ya. Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan bahan tersebut ke dalam kulkas agar awet segar dan bisa digunakan pada momen yang pas. Namun, tahukah Anda bahwa ada bahan makanan yang seharusnya tak masuk kulkas?

Tomat

Suhu dingin kulkas ternyata mengakibatkan tomat menjadi lebih kusam dan kering, lho. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meletakkan tomat di area luar yang mudah dijangkau saat memasak. Bila stok tomat masih banyak, Anda bisa segera menyulapnya jadi jus segar yang kaya nutrisi penting.

Buah semangka dan melon memang terkenal dengan rasa segarnya yang khas. Kandungan vitamin dan anti oksidan di dalam buah ini juga tergolong tinggi. Namun, penelitian dari USDA mengungkap bahwa menyimpan buah tersebut ke dalam kulkas akan merusak anti oksidan. Oleh karena itu, pastikan tak menyimpannya di kulkas lebih dari 3 hingga 4 hari.

Kentang

Suhu dingin ternyata juga bisa mengurangi kandungan karbohidrat kentang, lho. Akibatnya, kentang akan terasa hambar dan berpasir ketika dimakan. Bahkan, bagi Anda yang sedang menjalani diet, konsumsi kentang yang dikulkas takkan terlalu efektif menekan rasa lapar.

Bahan Makanan yang Sebaiknya Tak Ada di Kulkas | Breaktime
Simpan bawang bombai di suhu ruangan

Bawang bombai

Memasukkan bawang bombai ke dalam kulkas akan membuat teksturnya jadi lebih lembek dan berair. Letakkan bawang bombai di tempat yang tak terkena sinar matahari secara langsung. Dan bila sudah dipotong, simpan di kantung plastik bersegel dan letakkan di laci sayuran.

Bawang putih

Rasa bawang putih yang dimasukkan kulkas selama beberapa hari juga bisa berubah, lho. Sebaiknya, Anda menyimpan bawang putih pada tempat yang sejuk dan kering. Bila Anda sudah melepas beberapa siung bawang putih dari bonggolnya, segera gunakan sebelum 10 hari.

Berri

Buah berri segar yang langsung dari hasil perkebunan lokal memang memiliki rasa yang luar biasa. Sayangnya, rasa tersebut akan berubah bila Anda menyimpannya di lemari pendingin.

Walnut

Siapa coba yang tidak ketagihan dengan rasa lezat kacang walnut? Selain itu, kacang walnut juga mengandung asam lemak omega-3 yang bagus melindungi kesehatan jantung. Namun, kelamaan menyimpannya di lemari es juga berpotensi mengurangi kadar asam lemak omega-3.

Mulai sekarang, pilah-pilih lagi ya bahan makanan apa saja yang sebaiknya di simpan di suhu ruangan. Akan lebih baik bila B’timers beli bahan makanan dalam jumlah secukupnya agar langsung diolah tanpa perlu disimpan di kulkas. (vsc)

Share This Article