Kebaikan Cabai Yang Mungkin Belum Anda Ketahui | Breaktime
Kebaikan Cabai Yang Mungkin Belum Anda Ketahui
02.01.2016

Bagi orang Indonesia mungkin tidak lengkap rasanya jika makan tanpa sambal. Ya, untuk para penyuka masakan pedas, makan tanpa sambal bagaikan sayur tanpa garam. Dan biasanya Anda membuat sambal dari varian cabai apa, B’timers? Pasti mayoritas akan menjawab cabai rawit.

Cabai rawit yang bentuknya kecil ini memiliki rasa yang lebih pedas dari varian cabai lain, seperti cabai merah besar dan cabai hijau. Tapi mungkin Anda belum mengetahui bahwa di negara lain terdapat varian cabai yang rasanya jauh lebih pedas dari cabai rawit.

Nutrisi yang terkandung dalam cabai

Yang belum Anda ketahui, cabai ternyata menawarkan banyak kelebihan jika ditambahkan dalam menu diet, loh. Memang terdapat berbagai jenis cabai, dari yang rasanya manis, hingga yang super duper pesas. Dan yang paling banyak memiliki nutrisi yang mengejutkan adalah cabai yang rasanya pedas.

  • Kapsaisin

Cabai, jalapeño, cabai gendol, dan cabai cayenne, semuanya mengandung zat kimia yang disebut kapsaisin. Inilah yang menyebabkan adanya rasa sensasi seperti terbakar ketika terjadi kontak dengan membrane mukosa. Dan ternyata zat ini memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker, mengurangi resiko radang, dan membantu mengurangi berat badan.

  • Vitamin C

Banyak cabai pedas yang mengandung banyak vitamin C. Satu buah cabai memiliki sekitar 50 miligram dan 1 cangkir jalapeño mengandung 40 miligram vitamin C. Vitamin C ini sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imun, sirkulasi, dan fungsi otak.

Selain mengandung vitamin C, cabai juga mengandung vitamin B, vitamin A, dan vitamin E. Dan yang mengejutkan potassium dalam jumlah yang sedikit ditamukan di dalam cabai, yang sangat baik untuk kesehatan otot.

Kebaikan Cabai Yang Mungkin Belum Anda Ketahui | Breaktime
Beberapa varian cabai memiliki rasa yang sangat mematikan

Macam-macam jenis cabai

Anda mungkin sudah sering membeli camilan yang memiliki level atau tingkat kepedasan, kan? cabai juga demikian, ada yang manis dan lembut, medium, pedas medium, pedas, dan super pedas. Bagi Anda pecinta kuliner pedas, tidak ada salahnya mencicipi cabai dari berbagai negara ini, B’timers.

Dan yang pernah tercatat dalam rekor dunia dengan kepedasan yang mencapai lebih dari 2 juta skala skoville (skala tingkat kepedasan), adalah Trinidad moruga scorpion. Bentuknya yang mirip arbei ini ternyata memiliki rasa yang super pedas. Jika Anda memakan cabai ini, bukan hanya akan kepedasan, B’timers, tapi lebih dari itu. Karena cabai jenis ini benar-benar beyond blistering.

Namun jika Anda bukan salah satu dari para penyuka pedas, silahkan mencoba banana pepper saja, seperti namanya, cabai ini berwarna kuning, dan memiliki tekstur yang lembut serta rasanya manis. Bagaimana, Anda berani mencobanya, B’timers? (no)

Share This Article