Kapulaga, Rempah Kecil Kaya Manfaat
Kapulaga, Rempah Kecil Kaya Manfaat
27.09.2015

Penikmat kuliner India dan Timur Tengah pasti mengenal salah satu rempah bernama kapulaga ini. Selain untuk menambah cita rasa makanan agar lebih nikmat, kapulaga juga dipercaya memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Bahkan kapulaga juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan sariawan, masalah pencernaan, bahkan depresi.

Apa manfaat kapulaga?

Kapulaga memiliki banyak manfaat yang menguntungkan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1 Mengatasi masalah pencernaan

Kapulaga memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti kembung, mual, sembelit, mulas, kehilangan nafsu makan, dan masalah pencernaan lainnya.

2 Detoksifikasi

Tak hanya membantu sistem pencernaan tetap sehat, kapulaga juga dapat mengoptimalkan fungsi ginjal dengan membantu tubuh membuang limbah melalui ginjal.

3 Diuretik

Disamping fungsinya sebagai makanan detoks, kapulaga juga memiliki fungsi diuretik. Kapulaga akan mambantu saluran kemih, kandung kemih, dan ginjal untuk membersihkan limbah, garam, kelebihan air dan racun, serta mencegah terjadinya infeksi.

Atasi depresi dengan kapulaga
Atasi depresi dengan kapulaga

4 Obat depresi

Meskipun belum diverifikasi melalui sebuah penelitian, namun banyak yang menggunakan kapulaga untuk memerangi depresi dan dinyatakan berhasil.

5 Baik bagi darah

Kapulaga mengandung banyak manfaat bagi darah. Pertama, untuk menjaga tekanan darah. Kedua, untuk mencegah terjadinya penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat memicu masalah kesehatan lain.

6 Antioksidan

Mengandung banyak vitamin, fitonutrien, dan minyak esensial yang bekerja sebagai antioksidan, mencegah radikal bebas dan penuaan sel. Selain itu, kapulaga juga dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan, serta menghambat pertubuhan berbagai jenis kuman penyakit.

7 Afrodisiak

Kapulaga juga sangat bermanfaat bagi para lelaki, terutama mereka yang memiliki masalah disfungsi ereksi dan impotensi.

8 Melawan kanker

Penelitian menunjukkan bahwa kapulaga sangat baik dalam pencegahan kanker. Tak hanya menghambat perumbuhan sel kanker, kapulaga juga dapat membunuh beberapa jenis sel kanker.

Jaga kesehatan mulut dengan kapulaga
Jaga kesehatan mulut dengan kapulaga

9 Bermanfaat bagi mulut

Kapulaga kerap digunakan untuk menyegarkan napas atau bau mulut. Selain itu, kapulaga juga bermanfaat untuk penyembuhan sariawan, infeksi mulut dan tenggorokan.

Selain kesembilan manfaat tersebut, masih banyak manfaat kapulaga lainnya termasuk meringankan flu dan batuk.

Bagaimana cara mengolah kapulaga?

Umumnya, kapulaga digunakan sebagai bumbu untuk berbagai masakan. Namun, Anda juga bisa mengunyahnya langsung ataupun diolah sebagai jamu. Dengan rasa sedikit pedas layaknya permen mint, kapulaga bisa Anda kunyah tanpa menimbulkan rasa eneg.

Dengan ukuran yang begitu kecil, kapulaga membawa banyak manfaat bagi tubuh Anda. Jadi, jangan ragu untuk menambahkannya sebagai bumbu masakan Anda. (dfr)

Share This Article