Jijik dengan Bau Amis? Usir dengan Bahan Alami | Breaktime
Jijik dengan Bau Amis? Usir dengan Bahan Alami, Yuk!
10.11.2015

Di antara berbagai jenis bahan makanan, mengolah ikan atau daging sering jadi pilihan terakhir. Pasalnya, kedua bahan makanan ini memiliki aroma yang begitu amis dan kadang bisa bikin mual. Namun, ada sejumlah bahan dan bumbu rempah yang ternyata sangat efektif untuk menghilangkan aroma tak sedap tersebut, lho. Apa itu? Yuk, gunakan bahan-bahan berikut:

Air jeruk nipis dan lemon

Anda penggemar rasa seafood yang tasty tapi enggan dengan baunya yang amis, bisa mengandalkan perasan air jeruk nipis dan lemon. Lumuri seafood dengan air jeruk nipis pada bagian permukaannya selama beberapa saat. Hasilnya, aroma amis akan menghilang dan saat dikonsumsi seafood akan terasa lebih segar.

Air asam jawa

Bila jeruk nipis dan lemon masih kurang efektif mengusir bau amis, gunakan air asam jawa. Caranya, rendam asam jawa dengan air hangat lalu siramkan pada ikan. Kadar asam yang tinggi akan mengatasi bau amis secara cepat.

Jijik dengan Bau Amis? Usir dengan Bahan Alami | Breaktime
Air cuka apel bantu menghilangkan bau amis

Air cuka

Ingin menghilangkan bau amis lebih praktis? Siramkan saja air cuka secukupnya pada ikan yang akan diolah. Namun, jangan sampai menuangkannya kebanyakan sebab air cuka bisa mempengaruhi cita rasa daging ikan.

Jahe

Aroma harum jahe juga bagus untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang digoreng ataupun dimasak berkuah. Masukkan jahe ke dalam bumbu dengan cara dimemarkan. Kemudian biarkan beberapa saat hingga bumbu meresap.

Bawang putih

Bila stok bawang putih di dapur begitu banyak, B’timers juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Bahkan, tak hanya ikan saja, bawang putih juga bisa menghilangkan bau amis daging sapi atau ayam. Haluskan bawang putih dan lumuri ikan atau daging selama beberapa saat.

Nanas

Kandungan enzim bromelin yang terdapat pada nanas ternyata ampuh untuk menetralisir aroma amis pada daging. Bahkan, enzim ini mampu membuat daging jadi lebih empuk, lho. Pilih nanas yang setengah matang, ambil sarinya dan diamkan selama 30 menit.

Kini B’timers siap untuk mengolah atau menikmati ikan dan daging tanpa perlu repot menutup hidung lagi. Dengan begitu, Anda pun jadi lebih happy saat memasak dan menyantap olahan tersebut. Selamat mencoba, ya! (vsc)

Share This Article