Jenis-Jenis Keju dan Kegunaannya untuk Makanan | Breaktime
Jenis-Jenis Keju dan Kegunaannya untuk Makanan
22.08.2016

Keju adalah salah satu makanan yang sangat populer. Olahan susu ini punya rasa khas yang asin dan gurih saat dikonsumsi. B’timers penyuka keju? Nah, keju ada bermacam-macam jenis dan kegunaannya, lho. Berikut adalah jenis-jenis keju dan cara terbaik untuk mengonsumsinya:

Roquefort. Berasal dari Prancis dan memakai susu domba. Tahan sekitar lima bulan. Baik dikonsumsi langsung, maupun dimakan dengan kacang atau madu.

Camembert. Berasal dari Prancis dan memakai susu sapi. Bisa langsung dimakan, dijadikan isi sandwich, dipanggang, atau dilapisi tepung roti dan digoreng.

Jenis-Jenis Keju dan Kegunaannya untuk Makanan | Breaktime
Keju camembert dari Prancis

Cotija. Berasal dari Meksiko dan memakai susu sapi. Teksturnya kasar dan kering. Biasa digunakan pada taco, salad, sup, untuk casserole, pada guacamole dan lain-lain.

Chevre. Berasal dari Perancis dan menggunakan susu kambing. Keju ini cenderung lembab, cerah dan asam dengan sedikit rasa lemon. Biasa digunakan untuk salad, sandwich, juga mac and cheese.

Feta. Berasal dari Yunani, memakai susu domba dan kambing. Dibuat menggunakan 70% susu domba dan teksturnya lembut. Bisa disantap lezat dengan buah segar atau juga pada salad dan sandwich, serta taco dan hidangan Meksiko lainnya.

Jenis-Jenis Keju dan Kegunaannya untuk Makanan | Breaktime
Keju mozzarella nan lembut

Mozzarella. Berasal dari Italia memakai susu sapi atau kerbau. Teksturnya ringan dan creamy. Biasa disajikan segar dengan minyak zaitun, garam, merica, tomat, di dalam sandwich. Yummy!

Emmental. Berasal dari Swiss dan memakai susu sapi. Rasanya manis dan biasa digunakan untuk Fondue, sajian keju panggang, dan casserole.

Cheddar. Berasal dari Inggris dan memakai susu sapi. Keju blok ini teksturnya kering dan rapuh, serta halus. Paling baik digunakan untuk sandwich, keju panggang dan casserole.

Jenis-Jenis Keju dan Kegunaannya untuk Makanan | Breaktime
Keju cheddar yang populer

Gouda. Berasal dari Belanda dan memakai susu sapi. Keju ini teksturnya cukup keras dan renyah. Paling lezat jika dimasak leleh, juga bisa dicampur dengan salad atau casserole.

Taleggio. Berasal dari Italia dan memakai susu sapi. Baunya cukup menyengat, dan teksturnya kasar. Keju ini bisa langsung dimakan.

Nah, B’timers sendiri, sudah pernah coba keju yang mana saja? (md)

Share This Article