Goreng Ikan? Ini Cara Hindari Letupan Minyak! | Breaktime
Jangan Takut Goreng Ikan, Ini Caranya Hindari Letupan Minyak!
05.08.2015

Bagi orang yang hobi memasak, terciprat letupan minyak goreng memang hal yang biasa. Tapi bukan berarti ‘kecelakaan’ kecil saat di dapur tak bisa dihindari ya, B’timers! Nih, Breaktime  bagikan beberapa tips menghindari letupan minyak, terutama saat menggoreng ikan:

Jangan memberi garam sebelum menggoreng ikan

Garam dihasilkan dari kristalisasi air laut. Tidak heran, garam bisa meleleh di suhu yang terlalu panas. Nah, garam yang meleleh dan berubah menjadi cairan akan menimbulkan letupan saat berada dalam minyak mendidih. Maka dari itu, hindari membumbui ikan dengan garam sebelum digoreng.

Gunakan banyak minyak

Goreng Ikan? Ini Cara Hindari Letupan Minyak! | Breaktime
Ikan harus terendam minyak saat proses penggorengan

Saat menggoreng ikan, gunakan lebih banyak minyak. Letupan akan berkurang apabila ikan terendam sempurna dalam minyak selama proses penggorengan.

Gunakan suhu tinggi

Menggoreng dengan suhu tinggi bisa mengurangi letupan minyak. Tapi memperbesar nyala api tidaklah disarankan, karena akan membuat ikan cepat gosong. Cara yang tepat adalah gunakan minyak dengan titik didih tinggi seperti olive oil dan sunflower oil saat menggoreng ikan.

Potong ikan sebelum digoreng

Goreng Ikan? Ini Cara Hindari Letupan Minyak! | Breaktime
Kecilkan ukuran ikan agar cepat matang dan suhu tidak turun

B’timers, biasakan untuk memotong ikan dalam ukuran lebih kecil sebelum digoreng. Hal ini akan mempercepat proses pematangan sekaligus mencegah minyak meletup.

Nah B’timers, satu lagi yang perlu Anda perhatikan saat menggoreng ikan. Jangan ‘melempar’ ikan ke dalam wajan yang berisi minyak. Jika takut terkena cipratan minyak, gunakan japit untuk memasukkan ikan ke dalam wajan. Selamat memasak!

Share This Article