Jangan Sembarangan Potong Daging, Awas Alot! | Breaktime
Jangan Sembarangan Potong Daging, Awas Alot!
03.12.2015

Suka sebal ya, kalau ternyata daging yang dimasak bertekstur alot? Ternyata, daging yang jadi kerasa saat dimasak disebabkan oleh cara memotong yang salah. Betul sekali B’timers, memotong daging juga ada tekniknya. Meski sedikit ribet, tapi cara ini ampuh membuat tekstur daging lebih empuk dan pas di lidah.

Jangan Sembarangan Potong Daging, Awas Alot! | Breaktime
Potong daging berlawanan dengan seratnya

Cara terbaik untuk memotong daging adalah dengan mengiris berlawanan arah seratnya. Garis-garis tipis yang memanjang di gambar tersebut merupakan serat daging. Jadi, B’timers perlu memotongnya sedemikian rupa supaya mendapatkan tekstur yang empuk.

Jangan salah membedakan serat daging dengan garis lainnya ya, karena ada beberapa ‘tanda’ berbeda di permukaan daging, seperti berikut ini:

Jangan Sembarangan Potong Daging, Awas Alot! | Breaktime
Beberapa jenis guratan di permukaan daging

Natural faults

Jika terlihat guratan yang cukup dalam dan lebar pada daging, bisa jadi itu tercipta akibat kesalahan pembungkusan saat proses pengiriman. Guratan yang satu ini mudah dikenali karena biasanya cukup terlihat dan jumlahnya hanya sedikit.

Grill marks

Saat ingin memotong daging setengah matang, jangan sampai salah membedakan serat dengan grill marks. Pertama, perhatikan warnanya. Grill marks cenderung berwarna cokelat kehitaman akibat proses pembakaran. Dan garis-garis yang terbentuk cukup besar serta sangat simetris.

The grain

Serat daging sangatlah tipis dan hampir tak terlihat. Guratannya tidak terlalu dalam, serta saling berdempetan satu dengan lainnya. Selain memperhatikan pengirisannya, proses pemasakan daging pun tak boleh sembarangan. Tiap potongan daging punya cara terbaik untuk dimasak, misalnya:

  • Brisket dan chuck

Brisket merupakan bagian dada bawah dari sapi, sementara chuck adalah daging yang terletak di atas iga hingga bahu. Kedua jenis daging ini ini memiliki tekstur yang cukup keras. Maka dari itu, slow cooking methode seperti braising, broiling, dan smoking paling sempurna diterapkan untuk jenis daging ini.

  • Rib

Bagian iga sapi merupakan salah satu potongan terbaik yang memiliki tekstur empuk. Maka dari itu, bagian ini jadi favorit para koki karena lebih mudah dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan. Untuk mempertahankan cita rasanya, dry-heat cooking tanpa marinasi merupakan cara masak yang terbaik.

  • Sirloin

Daging di bagian bahu sapi ini sering dijadikan steak, dan paling cocok dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar. Teksturnya yang tak terlalu kerasa juga membuatnya bisa dimasak dengan cara pan-fried.

Hmm, sudah tahu mau menciptakan kreasi apa dengan daging sapi yang Anda beli, B’timers?

Share This Article