Jangan Salah Lagi, Ini Beda Opor, Kari dan Gulai | Breaktime
Jangan Salah Lagi, Ini Beda Opor, Kari dan Gulai!
09.09.2016

Hayoo, mana yang paling Anda sukai antara opor, kari dan gulai, B’timers? Well, saat kita membicarakan berbagai macam kuliner Indonesia yang kaya rasa rempah, memang tidak ada habisnya. Nah, meski kita sudah mengenal berbagai hidangan berkuah santan khas Indonesia, ternyata untuk membedakannya tak terlalu mudah, lho. So, intip beda opor, kari dan gulai berikut ini, yuk, B’timers!

Jangan Salah Lagi, Ini Beda Opor, Kari dan Gulai | Breaktime
Disajikan dengan potongan ketupat atau lontong

Opor

Sajian yang sangat erat dengan momen Hari Raya Idul Fitri ini pasti sudah sangat dikenal dalam kalangan pecinta kuliner. Opor berasal dari Jawa, namun masakan ini ada juga di daerah lain, B’timers. Opor tidak hanya terdiri dari kuah santan, biasanya ada tambahan daging ayam atau telur rebus. Bumbunya kental, berasal dari perpaduan santan, serai, kencur dan rempah lainnya. Biasanya ditemani potongan ketupat.

Jangan Salah Lagi, Ini Beda Opor, Kari dan Gulai | Breaktime
Ayam, kentang dan wortel dalam kuah kental pedas

Kari

Hmm, saat mendengar namanya, pasti Anda sudah membayangkan aroma kuatnya dari bumbu-bumbu rempah khas Indonesia, kan, B’timers? Kari adalah hidangan berkuah yang memiliki cita rasa tajam dan pedas. Inilah salah satu beda opor, kari dan gulai. Sebenarnya kari berasal dari Asia Selatan, terutama di India. Anda akan mendapat kesempurnaan dari ketumbar, kunyit, merica, bubuk cabai, juga bubuk kari.

Jangan Salah Lagi, Ini Beda Opor, Kari dan Gulai | Breaktime
Ikan dengan bumbu gulai penuh rempah, hmm, lezat!

Gulai

Nah, kalau sajian yang satu ini berbahan dasar daging merah biasanya, B’timers. Tapi ada juga gulai ikan, ayam hingga jerohan, kok. Semua daging tersebut dimasak dan dicampurkan dengan nangka muda serta daun singkong. Kuah santannya terasa gurih. Yang menjadi ciri khas gulai adalah bumbunya yang sangat kaya rempah, mulai dari kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, bawang merah, pala, serai dan lainnya.

Nah, setelah tahu apa beda opor, kari dan gulai, menu khas Indonesia mana yang paling Anda sukai, nih, B’timers? (NO)

Share This Article