Jangan Lewatkan Makanan dan Minuman Ini Usai Melahirkan | Breaktime
Jangan Lewatkan Makanan dan Minuman Ini Usai Melahirkan
20.08.2015

Saat hamil, semua wanita pasti memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tapi begitu usai melahirkan, banyak yang melupakan hal ini dan kembali lagi pada pola makan tidak sehat. Hati-hati ya B’timers, sebab apa yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh pada buah hati. Maka dari itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman usai melahirkan berikut ini :

Air putih

Jangan Lewatkan Makanan dan Minuman Ini Usai Melahirkan
Hindari minum kopi dan teh, gantilah dengan air putih

Kenapa Anda perlu air putih? Air putih akan menghindarkan Anda dari dehidrasi selama menyusui. Selain itu, untuk memastikan ASI keluar dengan lancar, tubuh harus terhidrasi. Anda bisa mengganti air dengan jus atau susu. Namun, jangan membiasakan minum teh atau kopi karena kandungan kafein didalamnya akan membuat bayi Anda mengalami iritasi dan kesulitan tidur.

Susu

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt merupakan bagian penting dalam proses menyusui. Susu akan meningkatkan penguatan tulang dengan kandungan vitamin D di dalamnya. Anda juga akan mendapatkan protein, vitamin B, dan kalsium dari produk susu. Kalsium yang Anda konsumsi tentu akan sangat berpengaruh dalam mendukung pertumbuhan tulang bayi. Usahakan minum setidaknya tiga cangkir susu dalam sehari.

Buah berri

Anda membutuhkan asupan vitamin dan mineral tinggi setelah melahirkan. Untuk itu buah berri, terutama blueberri adalah makanan yang tepat untuk memenuhinya. Blueberri juga dilengkapi kandungan karbohidrat kompleks yang akan memasok energi Anda.

Jeruk

Wanita yang menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C daripada wanita hamil. Oleh karena itu Anda memerlukan jeruk sebagai sumber vitamin C yang baik. Jika tidak sempat memakannya karena kesibukan mengurus bayi, Anda bisa memilih jus jeruk sebagai alternatif.

Baca juga: 3 OLAHAN DURIAN YANG BIKIN KECANDUAN

Salmon

Jangan Lewatkan Makanan dan Minuman Ini Usai Melahirkan
Kandungan DHA dalam Salmon baik bagi Anda dan bayi

Salmon akan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan bayi sekaligus. Kandungan DHA dalam salmon berperan penting dalam perkembangan sistem saraf bayi. Sebenarnya, DHA dapat diperoleh bayi dari air susu ibu. Namun, kadar DHA lebih tinggi pada ibu yang mengonsumsi makanan mengandung DHA. Bukan hanya itu, DHA juga akan menjaga mood Anda. Selain kadar DHA yang baik, kadar merkuri dalam salmon sangatlah rendah.

Sayuran hijau

Bayam dan brokoli dilengkapi dengan vitamin A, kalsium, vitamin C dan zat besi. Kandungan tersebut akan menguntungkan bagi Anda dan buah hati. Selain itu kandungan antioksidan tinggi dalam sayuran hijau akan menangkal radikal bebas.

Bagaimana B’timers, siap memenuhi kebutuhan nutrisi untuk Anda dan si Kecil dengan aneka makanan serta minuman usai melahirkan tersebut?

Share This Article