Jajanan Kaya Gizi yang Bikin Sehat dan Happy | Breaktime
Jajanan Kaya Gizi yang Bikin Sehat dan Happy
06.06.2015

Melihat ragam makanan terutama camilan atau jajanan yang berwarna-warni memang menyenangkan dan tentunya menarik hati ya, B’timers. Tak bisa dipungkiri camilan yang colorful selalu tampak lezat dan sulit sekali rasanya untuk menolak. Apalagi bagi kita yang senang ngemil dan selalu sedia camilan untuk disantap baik di rumah, kantor maupun saat di perjalanan.

Namun, daripada memilih jajanan yang terlalu berwarna-warni tetapi kemungkinan besar tercampur bahan kimia seperti pewarna, lebih baik Anda mengonsumsi camilan yang sehat namun tetap lezat. Untuk mengenali jajanan “jahat” sangat mudah, makanan seperti kue donut, muffin dan sweet rolls jelas mengandung lebih dari 50% kalori dan lemak.

Sementara, camilan yang sehat biasanya tidak mengandung lemak dan terlalu banyak gula, serta proses pengolahannya bukan digoreng melainkan dipanggang atau dimasak dengan oven. Ini semua bisa dilihat pada keterangan yang tertera di kemasan sebelum Anda membelinya. Nah, lalu apa saja kira-kira jajanan sehat dan bersahabat namun lezat untuk disantap? Ini dia:

Roti gandum

Jajanan Kaya Gizi yang Bikin Sehat dan Happy | Breaktime
Roti gandum sebagai pengganti croissant dan roti tawar putih

Roti gandum sangat cocok untuk menggantikan jajanan seperti roti tawar biasa dan croissant. Anda juga bisa memadukannya dengan sirup maple atau susu rendah lemak.

Biskuit oatmeal

Jajanan Kaya Gizi yang Bikin Sehat dan Happy | Breaktime
Biskuit oatmeal sebagai pengganti biskuit susu

Jika biskuit biasa banyak tinggi kandungan lemak dari susu dan juga banyak mengandung gula, ganti dengan biskuit oatmeal yang rendah lemak dengan rasa gurih yang serupa.

Pretzel

Jajanan Kaya Gizi yang Bikin Sehat dan Happy | Breaktime
Unsalted pretzel sebagai pengganti keripik kentang atau jagung

Kue pretzel yang terkenal dengan bentuk simpulnya baik dijadikan pengganti keripik kentang atau jagung yang banyak mengandung lemak dan gula. Namun, pilih pretzel yang unsalted, ya.

Popcorn

Jajanan Kaya Gizi yang Bikin Sehat dan Happy | Breaktime
Unbuttered popcorn sebagai pengganti popcorn bermentega

Jagung sebenarnya tetap sehat meski diolah menjadi popcorn, yang berbahaya ialah campuran mentega yang berlebih sebagai penyedapnya. Ganti dengan unsalted popcorn supaya lebih sehat.

Menikmati jajanan boleh saja, asal tidak berlebihan dan tetap memilih jajanan yang sehat, ya. Stay happy, stay healthy, B’timers!

Share This Article