Jaga Kandungan Dengan Menu Sehat Ibu Hamil | Breaktime
Jaga Kandungan Dengan Menu Sehat Ibu Hamil
19.05.2017

Masa kehamilan merupakan masa yang diidam-idamkan oleh seorang wanita. Karena hamil adalah dimana awal menjadi orang tua. Memiliki seorang buah hati juga merupakan hal yang selalu ditunggu-tunggu oleh seorang pasangan. Anda sering kali memikirkan hal-hal baik atau hal-hal buruk yang wajib diketahui ketika hamil. Tentunya Anda tidak ingin hal-hal buruk terjadi pada kehamilan Anda bukan ?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Paling Enak

Salah satu hal yang paling penting untuk menjaga kehamilan adalah dengan mengkonsumsi menu sehat untuk ibu hamil. Sebagai seorang ibu hamil, Anda harus memperhatikan baik-baik bagaimana gizi pada asupan makanan itu baik dan buruk bagi tubuh dan janin Anda. Ada satu hal yang membuat salah kaprah yaitu mengkonsumsi menu makanan yang banyak agar janin tumbuh sehat. Anggapan tersebut salah, harusnya kita memperhatikan kualitas makanan seperti gizi dan jenis makanan yang masuk agar kebutuhan gizi pada tubuh sang ibu dan janin terpenuhi dengan baik.

Jenis menu sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah buah-buahan. Untuk ibu hamil, buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang kaya gizi dan vitamin. Untuk janin, buah-buahan sangat bermanfaat untuk terpenuhinya nutrisi dalam perkembangan janin.Contoh buah-buahan yang harus di konsumsi oleh ibu hamil adalah pisang, alpukat, pepaya, jeruk, semangka, lemon, jambu, anggur, apel dan lain lain. Buah-buahan jenis pisang memiliki kandungan kalori sebesar 105 kalori, 3 gram serat, 1 gram protein, sumber potassium, karbohidrat, mineral, vitamin C dan B6, kalium dan magnesium. Buah pisang ini membantu ibu hamil agar tidak mual-mual saat hamil trimester awal. Buah-buahan jenis papaya mengandung folat, vitamin C, beta karoten dan vitamin E. Buah pepaya ini bermanfaat untuk mengikat racun yang ada di usus besar jadi sangat baik untuk tubuh ibu hamil dan janin. 

Jaga Kandungan Dengan Menu Sehat Ibu Hamil | Breaktime
Buah-buahan jadi menu sehat untuk ibu hamil
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Tinggi Kolesterol Ini Harus Dihindari

Menu sehat ibu hamil yang kedua adalah sayur-sayuran. Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk janin Anda. Salah satu kandungan dari sayuran adalah asam folat. Zat ini memiliki fungsi untuk proses pembelahan dan pertumbuhan sel sehingga sangat di perlukan untuk tumbuh perkembangan janin. Selain itu juga mencegah cacat pada janin. Contoh jenis sayuran yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah bayam, brokoli, sawi, kangkung dan lain lain.

Selanjutnya adalah air putih. Air putih sangat wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, karena air putih dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Selama masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk meminum air putih kurang lebih 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas air putih dalam sehari. Menu sehat untuk ibu hamil ini sangatlah penting untuk dikonsumsi agar tubuh sang ibu dan janin berkembang menjadi baik dan sehat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Life Hacks Wajib Tahu untuk Anda Pecinta Alpukat

Kemudian asupan makanan yang baik untuk ibu hamil adalah ikan-ikanan, daging dan telur. Menu sehat untuk ibu hamil jenis ini memiliki kandungan protein yang sangat kaya dan penting untuk pertumbuhan janin terutama pada masa kehamilan trimester kedua dan ketiga. Anda disarankan untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak atau daging rendah lemak karena menu sehat tersebut merupakan sumber protein yang tinggi dan berkualitas. Nah, itu adalah beberapa jenis menu sehat untuk ibu hamil yang disarankan untuk dikonsumsi agar janin dan kesehatan ibu hamil menjadi lebih baik serta bayi anda lahir dengan normal dan sehat. (pnh)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE