Iris Bawang Bikin Mewek? Nyalakan Lilin Yuk | Breaktime
Iris Bawang Bikin Mewek? Nyalakan Lilin Yuk
12.03.2017

Pernah tidak Anda mendengar ungkapan tersebut? Istilah “menangis bombay” ternyata bukan sekedar ungkapan ngasal saja. Bagi Anda yang sering berkutat di dapur pasti sering deh mengalami momen dimana ketika Anda mengiris bawang merah mendadak mata Anda terasa sangat panas dan Anda mengucurkan air mata. Duh, benar-benar bikin risih, ya?

Ever wonder why? Ternyata itu semua gara-gara enzim yang diproduksi oleh bagian ujung dari bawang merah (tempat tumbuhnya akar). Enzim tersebut kemudian menyebar luas ke seluruh bagian bawang merah dan menghasilkan gas. Nah, gas ini kemudian akan menguap ke udara dan saat terhirup oleh hidung Anda, maka hasil senyawa tersebut akan memproduksi zat asam dan “menyenggol” kalenjar air mata di bagian mata untuk memproduksi air mata.

Baca juga : CARA MUDAH MENYINGKIRKAN AROMA BAWANG DARI TANGAN

Oh, jadi begitu. Tapi tetap saja ya keluarnya air mata saat mengiris bawang terasa sangat mengganggu. Nah, Anda bisa lho meminimalisir dan bahkan menghilangkan efek tersebut dengan bernapas dari mulut sembari menjulurkan lidah Anda. Hihi, pastinya terasa sedikit aneh ya? Tapi dengan cara ini gas dari bawang tersebut akan masuk melalui mulut Anda. Dan karena kalenjar air mata tidak terhubung dengan mulut Anda, gas tersebut akan lewat begitu saja tanpa membuat kalenjar air mata bereaksi. Tak percaya? Coba deh mulut Anda dan ganti bernapas dengan hidung saat mengiris bawang, dijamin dalam hitungan menit Anda akan kembali menangis.

Tips yang lain bisa juga dengan merendam bawang ke dalam air terlebih dahulu sebelum Anda mengirisnya. Dengan demikian, enzim yang memproduksi gas tersebut akan mengalami denaturasi komponen-komponen zat di dalamnya sehingga membuat bawang merah lebih “jinak” dan tidak menghasilkan gas yang membuat Anda menangis. 

Iris Bawang Bikin Mewek? Nyalakan Lilin Yuk | Breaktime
Lilin tidak hanya berguna untuk menambah keromantisan

Hanya saja, hati-hati saat memotong bawang yang sudah direndam air ini, karena yang jelas permukaan dari bawang akan lebih licin jadi jika Anda tidak hati-hati Anda bisa tetap menangis, bukan karena terkena gas bawang tetapi karena tangan Anda teriris pisau saat mengiris bawang.

Langkah memotong bawang tanpa menangis bombay adalah dengan mengunyah roti atau permen karet. Menurut beberapa orang yang pernah mempraktekkannya mengatakan bahwa dengan menggerakkan mulut dengan gerakan mengunyah selama mengiris bawang dapat menghindarkan mereka dari menangis. But, really? Hingga saat ini belum ada penjelasan ilmiah mengenai itu tapi tak ada salahnya juga sih untuk mencobanya. 

Baca juga : 10 MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN TUBUH

Jika Anda memiliki kipas angin, Anda bisa menyalakannya selama Anda memotong bawang. Angin yang dihasilkan dari putaran kipas angin tersebut dipercaya dapat menghalau pergi gas dari bawang menjauhi hidung dan mata Anda. Atau Anda juga bisa membuka lebar jendela Anda selama memasak. Lagipula sepertinya asyik juga memasak sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dari kebun luar.

Nah lho, tapi apa hubungannya antara mengiris bawang dengan menyalakan lilin, ya? Well, trik satu ini memang terbilang yang paling unik. Katanya sih cukup dengan meletakkan lilin di sebelah talenan saat Anda memotong bawang dapat membantu mencegah gas bawang tersebut dari terhirup oleh hidung atau mengenai mata Anda. Gas tersebut nampaknya akan tertarik pada panas yang dihasilkan oleh lilin yang menyala tersebut. Hmmm, tidak ada ruginya juga sih untuk dicoba. But while you’re at it coba nyalakan lilin aromaterapi. Dengan demikian Anda tidak hanya akan terbebas dari tangisan akibat mengiris bawang tetapi juga dapur Anda akan beraroma wangi dan menyegarkan. Tertarik untuk mencoba trik ini, B’Timers? (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE