Intip Sejarah dan Asal Mula Munculnya Mie, yuk! | Breaktime
Intip Sejarah dan Asal Mula Munculnya Mie, yuk!
24.08.2016

Mie adalah makanan terfavorit di dunia. Selain mudah membuatnya, mie bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang rasanya lezat, B’timers. Nah, biasanya Anda berapa kali makan mie dalam seminggu, B’timers? Meskipun dikatakan terlalu banyak mengonsumsi mie tidak baik untuk pencernaan, tapi mie tetap menjadi idola. Eits, tapi tahukah Anda sejarah asal mula munculnya mie, B’timers?

Intip Sejarah dan Asal Mula Munculnya Mie, yuk! | Breaktime
Berbagai jenis mie yang kita kenal

Sedikit mengulik sejarah kemunculan mie

Ya, seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa mie adalah makanan pokok di banyak negara. Terbuat dari adonan beragi yang dibentangkan, kemudian dicetak menjadi berbagai bentuk. Namun mie yang paling umum adalah mie bergelombang. Diolah dengan cara direbus atau digoreng, mie akan makin lezat jika disajikan bersama saus dan bahan segar lainnya.

Dan jika membicarakan asal mula munculnya mie, sebenarnya itu sedikit membingungkan, B’timers. Ada yang mengungkapkan mie berasal dari China,  Arab, dan yang lain mengatakan mie asalnya dari dataran Mediterania. Namun catatan paling awal terkait mie mumcul dalam sebuah buku yang ditulis pada abad ke-25 hingga 220 SM di China.

Intip Sejarah dan Asal Mula Munculnya Mie, yuk! | Breaktime
Rasanya tak pernah cukup untuk makan mie, ya?

Penemuan mie tertua di dunia ada di China

Mie merupakan makanan pokok di banyak bagian di dunia setidaknya selama 2000 tahun, lho. Dan baru di tahun 2005 peneliti menemukan mie tertua di dalam mangkuk terbalik. Terkubur sedalam 3 meter di bawah lapisan sedimen di Qinghai, ilmuwan mengungkapkan kemungkinan mie tersebut sudah berusia 4000 tahun. Mie kuning tipis menunjukkan betapa tingkat pengolahan saat itu sudah cukup canggih.

Tak hanya nasi, mie kini sudah menjadi bagian dari diet alternatif, B’timers. Sebut saja soba, mie coklat tipis yang terbuat dari buckwheat. Atau udon, mie gandum tebal yang bisa disajikan panas serta dingin. Sekarang Anda pun bisa memilih satu dari begitu banyak mie yang ada, B’timers. Mie goreng atau mie kuah. Semuanya sama lezatnya!

Well, terlepas dari mana mie berasal, intinya mie tetap sanggup mempertahankan popularitas selama berabad-abad. Nah, dari sekian banyak mie yang ada, mana yang paling Anda sukai, B’timers? (NO)

Share This Article