Intip Rahasia Agar Bakpao Bertekstur Empuk, yuk! | Breaktime
Intip Rahasia Agar Bakpao Bertekstur Empuk, yuk!
15.12.2016

Lebih suka membeli bakpao, B’timers? Well, untuk membuat makanan yang diolah dengan cara dikukus ini sebenarnya tidak terlalu sulit, kok. Namun terkadang karena melihat cara membuatnya yang terkesan ribet, hasrat membuat bakpao sendiri pun pupus. Eits, tapi dengan tips berikut Anda juga bisa membuat bakpao yang teksturnya empuk dengan sukses, lho, B’timers!

Pilih tepung terigu berprotein rendah

Sebaiknya gunakan tepung terigu berprotein rendah. Terigu protein rendah akan membuat tekstur dari bakpao lebih lembut. Jika Anda ingin mendapatkan tekstur yang empuk, tambahkan tepung  maizena.

Intip Rahasia Agar Bakpao Bertekstur Empuk, yuk! | Breaktime
Pilih gula halus atau gula tepung untuk membuat bakpao

Hindari menggunakan gula pasir

Di dalam resep bakpao, sebaiknya Anda menggunakan gula halus ataupun gula tepung, B’timers. Hal ini akan membuat proses pencampuran adonan lebih mudah dan lebih mudah menyatu dengan bahan lain.

Gunakan ragi instan dalam adonan

Untuk penambahaknragi, Anda bisa memilih ragi biang ataupun ragi instan. Tetapi jika ingin lebih mudah dalam mencampurkannya dengan bahan adonan lain, gunakan ragi instan berkualitas baik, ya, B’timers.

Tambahkan telur atau putih telur

Anda bisa saja menambahkan telur dalam adonan bakpao, B’timers. Dengan telur, tekstur bakpao akan makin lembut. Namun jangan mencampurkan kuning telur jika Anda tak ingin bakpao berwarna kuning.

Perhatikan cara dan teknik menguleni

Sebaiknya uleni bahan untuk membuat adonan bakpao dengan tangan serta gerakan menggilas cucian. Anda juga bisa menggunakan mixer dengan kaki spiral, kok. Uleni hingga adonan bertekstur elastis, ya?

Intip Rahasia Agar Bakpao Bertekstur Empuk, yuk! | Breaktime
Bentuk bakpao sesuai keinginan dan kukus hingga matang

Jangan abaikan proses fermentasi bakpao

Nah, setelah menguleni adonan hingga elastis, bentuk menjadi bulatan besar dan sisihkan selama sekitar 30 menit hingga adonan mengembang dan teksturnya berserat. Jika belum, lanjutkan lagi fermentasi.

Sebelum membentuk dan mengukus adonan bakpao, adonan yang telah mengembang sebaiknya Anda kempiskan kembali, B’timers. Bentuk adonan dan diamkan kembali selama 10 menit. Setelah itu, baru bisa diberikan isian dan segera dikukus dalam kukusan yang sudah benar-benar panas. Dan perhatikan waktu mengukusnya, ya? Karena jika mengukus terlalu lama, bakpao justru akan berkerut, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE