Intip Cara Sederhana untuk Fermentasi Buah, yuk! | Breaktime
Intip Cara Sederhana untuk Fermentasi Buah, yuk!
19.11.2016

Olahan dari buah memang tidak pernah terasa membosankan, ya, B’timers? Dan salah satu olahan dari buah yang menawarkan rasa unik yang berbeda adalah buah yang difermentasi. Selain dapat dinikmati sendiri, cara ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin membawakan kolega oleh-oleh. Berbagai buah bisa Anda olah, namun intip cara fermentasi buah berikut ini terlebih dahulu, yuk, B’timers!

Intip Cara Sederhana untuk Fermentasi Buah, yuk! | Breaktime
Fermentasi buah untuk oleh-oleh untuk kerabat jauh?

Ketahui apa itu fermentasi buah

Proses mengawetkan makanan ini meningkatkan kandungan bakteri baik di dalam bahan makanan. Tak sulit untuk melakukannya. Bahkan tidak membutuhkan keahlian khusus, kok. So, jangan cemas!

Pilihlah buah yang ingin difermentasi

Sebagian besar buah memang dapat difermentasi. Namun beberapa jenis buah menjadi lebih baik ketika difermentasi dibandingkan buah lainnya. Pilih buah segar yang matang organik dan tanpa cacat.

Anda bisa menambahkan perasa

Dan selain buah sebagai bahan utama, Anda juga bisa memberikan tambahan rasa ke dalam wadah jika ingin membuat produk yang khas. Misalnya kayu manis, daun mint, kulit jeruk atau ekstrak almond.

Intip Cara Sederhana untuk Fermentasi Buah, yuk! | Breaktime
Tak hanya buah, sayuran pun bisa difermentasi, lho, B’timers!

Simpan buah fermentasi dengan tepat

Nah, yang terpenting adalah selama buah berada dalam proses fermentasi, pastikan Anda menyimpan wadah buah dalam suhu kamar, yang jauh dari paparan matahari secara langsung. Ini kuncinya.

Perhatikan waktu proses fermentasi

Untuk setiap buah yang berbeda membutuhkan waktu yang berbeda pula dalam proses fermentasinya. Anda bisa memperhatikan kemunculan gelembung di dalam wadah sebagai tanda proses fermentasi.

Selain menggunakan buah segar, Anda juga bisa menggunakan buah dalam kemasan atau buah kalengan untuk membuat fermentasi buah, kok. Namun pastikan Anda memisahkan air dalam kemasan buah jika ingin membuat fermentasinya. Setelah itu tambahkan gula dan aduk rata hingga gula tercampur dengan buah kalengan.

Nah, sudah tahu rahasia membuat fermentasi buah, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE