Makanan Khas Ramadan dari Berbagai Belahan Dunia | Breaktime
Inilah Sajian Khusus Ramadan dari Berbagai Belahan Dunia
04.07.2015

Bulan Ramadan pasti disambut meriah oleh umat muslim di seluruh dunia. Bahkan, setiap negara punya tradisi sendiri dalam menyambut bulan puasa ini, B’timers. Baik dalam bentuk event maupun sajian yang khas dan hanya dijumpai saat Ramadan. Hm, lalu seperti apa ya, sajian Ramadan di berbagai belahan dunia? Intip sama-sama, yuk!

Chebakia dari Morocco

Dessert Morocco yang manis dan gurih
Dessert Morocco yang manis dan gurih

Makanan asal Morocco ini merupakan dessert khas dengan bahan dari adonan tepung yang diberi air bunga limau, kemudian digoreng dan dilumuri dengan madu dan biji wijen. Rasanya sedap, manis dan gurih.

Sherbet dari Turki

Minuman herbal dengan aroma jahe
Minuman herbal dengan aroma jahe

Minuman ini juga disebut soft drink-nya Turki, terutama paling populer saat Ramadan. Dibuat dari ekstrak buah-buahan, bunga atau tanaman obat, seperti kayu manis dan jahe, dilengkapi air dan gula. Sensasi rasa pedas dan hangat mendominasi minuman herbal ini.

Haleem dari India

Masakan bubur berkuah yang kaya rasa
Masakan bubur berkuah yang kaya rasa

Sajian bubur yang berkuah ini sangat populer di India, Pakistan dan Bangladesh. Berbumbu rempah-rempah yang membuatnya kaya rasa, haleem dilengkapi dengan daging, gandum dan juga kacang-kacangan. Dagingnya yang diolah dengan dihaluskan membuat bumbunya meresap nikmat.

Paomo dari Cina

Uniknya sup roti bercampur daging kambing
Uniknya sup roti bercampur daging kambing

Meski Islam termasuk agama minoritas di Cina, kaum muslim di sana tetap menyambut Ramadan penuh suka cita, salah satunya  dengan menyajikan Paomo. Masakan asli Cina ini merupakan sup yang penuh potongan roti berpadu daging kambing. Wow, sounds tasty, right?

Khyar Bi Laban dari Timur Tengah

Olahan yogurt khas Timur Tengah
Olahan yogurt khas Timur Tengah

Dessert yang satu ini juga biasa disebut saladnya orang Timur Tengah, khususnya Lebanon dan negara-negara Arab. Memadukan yogurt, mentimun, bawang putih, mint dan garam kosher, sajian ini cukup simple membuatnya. Rasanya unik dan segar karena perpaduan mentimun dan mint.

Hm, sangat beragam dan menarik, ya. Tidakkah B’timers penasaran ingin mencobanya satu per satu?

Share This Article