Inilah Kreasi Makanan Hasil Olahan Rumput Laut | Breaktime
Inilah Kreasi Makanan Hasil Olahan Rumput Laut
10.10.2016

B’Timers, adakah dari Anda yang menyukai makanan jepang yaitu sushi? Sushi adalah nasi kepal yang umumnya disajikan bersamaan dengan rumput laut dan sashimi. Masyarakat Jepang yang menggantungkan kehidupannya dari laut memang sangat sering memasukkan rumput laut menjadi bahan dalam masakan mereka. Anda akan menemukan banyak kreasi makanan hasil olahan rumput laut dalam hidangan jepang. Rumput laut adala jenis alga laut yang memiliki berbagai macam khasiat.

Akan tetapi, Jepang bukanlah satu-satunya negara yang membuat makanan-makanan olahan dari rumput laut, lho! Indonesia yang juga merupakan negara maritim juga membudidayakan dan menghasilkan makanan-makanan olahan dari rumput laut. Berikut adalah dua kreasi makanan hasil olahan rumput laut:

  • Agar-Agar

Anda tentu sudah sangat mengenal kreasi makanan hasil olahan rumput laut satu ini, bukan? Bahan baku dari agar-agar yang sangat sering dijadikan jajanan untuk segala lapisan usia ini adalah rumput laut. Tentunya untuk menjadi agar-agar yang kita kenal ini, rumput laut beserta bahan-bahan lain diolah terlebih dahulu. Agar-agar memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan merupakan cemilan sehat yang ampuh menangkal rasa lapar. Sangat berguna bagi B’Timers yang sedang melakukan program diet nih.

Inilah Kreasi Makanan Hasil Olahan Rumput Laut | Breaktime
Agar-agar yang cantik ini adalah contoh dari kreasi rumput laut, lho!

Baca juga : ANEKA SAJIAN OLAHAN KURMA UNTUK TEMANI PUASA ANDA

  • Dodol Rumput Laut

Bagi Anda yang berasal dari Jawa Barat atau merupakan penggemar berat jajanan manis Nusantara pasti sangat mengenal jajanan dodol. Dodol yang berasal dari daerah Garut ini memiliki rasa kenyal dan rasa manis yang khas. Seiring dengan berkembangnya zaman, pembuat dodol pun berkreasi sehingga menghasilkan dodol berbagai macam rasa, salah satunya adalah dodol rumput laut. Kreasi makanan hasil rumput laut ini merupakan hasil karya dari penduduk Lombok, dan untuk menambah daya tarik biasanya mereka menambahkan rasa buah-buahan sehingga menjadi makanan favorit anak-anak.

Selain agar-agar dan dodol rumput laut, masih banyak sekali kreasi makanan hasil rumput laut yang lezat dan tentunya bergizi tinggi. Mungkin B’Timers berminat untuk mencoba semuanya? (dkp)

Share This Article