Ini Kisah Menarik Si Permen Manis, Marshmallow! | Breaktime
Inilah Kisah Menarik Si Permen Manis, Marshmallow!
26.03.2016

Pasti B’timers sudah tidak asing lagi dengan yang namanya marshmallow bukan? Ya, makanan yang memiliki banyak rasa ini cukup terkenal di dunia. Marshmallow adalah makanan ringan bertekstur lentur seperti busa lembut dan memiliki aroma harum. Makanan yang satu ini banyak digemari oleh anak-anak karena rasanya yang lezat serta meleleh di dalam mulut.

Komposisi dari makanan kenyal yang satu ini adalah campuran dari gula, sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab dan bahan perasa. Meskipun komposisi tersebut merupakan resep terbaru marshmallow, banyak orang yang masih menyukai marshmallow tradsional sesuai yang diturunkan oleh kakek neneknya.

Menurut sejarah, marshmallow ditemukan di Mesir pada tahun 2000 sebelum masehi. Para penemunya tak lain adalah para peracik ramuan herbal dikala melakukan percobaan menggunakan akar tanaman marsh mallow atau disebut juga Althea officinalis. Hasil dari percobaan tersebut ternyata akar marsh mallow memiliki rasa yang manis seperti gula.

Setelah para peracik herbal ini memberitahukan hasil percobaannya, Firaun yang memerintahkan di sana akhirnya menyuruh para pelayannya untuk membuat manisan atau sekarang yang disebut dengan permen dari bahan tersebut. Kemudian para pelayan membuat manisan yang terbuat dari madu yang kemudian dicampurkan dengan getah tanaman marshmallow.

Ini Kisah Menarik Si Permen Manis, Marshmallow! | Breaktime
Biasanya marshmallow dibakar di atas api baru kemudian dikonsumsi

Dari waktu ke waktu, ternyata proses pembuatan marshmallow mengalami peningkatan. Awalnya marshmallow hanya menggunakan dua bahan saja hingga akhirnya berubah dengan ditambahkan beberapa bumbu didalamnya. Tahun 1948, Alex Doumak mempantenkan proses ekstrusi dalam pembuatan marshmallow. Setelah disahkan, sejak saat itu juga pembuatan marshmallow dibuat dalam pabrik dengan cara ekstrusi.

Hasil dari pengolahan dengan cara ini adalah marshmallow berbentuk silinder yang dipotong-potong dan dalam setiap gulungan. Bahan yang digunakan untuk marshmallow kali ini adalah tepung jagung dan gula halus. Marshmallow ini dikonsumsi dengan cara diasapi, dimakan langsung, dan dicampurkan dalam minuman.

Pembuatan dengan proses tersebut bertahan sampai sekarang. Meskipun caranya tetap sama, namun banyak ahli racik yang berhasil mengkombinasikan bahan-bahan pembuat marshmallow dan akhirnya muncul jenis baru dengan rasa yang lebih lezat. Jadi, apakah B'timers tertarik untuk mencicipi manisan yang satu ini?(wsu)

Share This Article