Inilah Cara Aman Memasak dengan Panci Tekan | Breaktime
Inilah Cara Aman Memasak dengan Panci Tekan
14.09.2016

Panci tekan adalah alat dapur yang bekerja dengan sangat cepat. Panci tekan adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin memasak dengan cepat dan tetap mempertahankan kandungan vitamin dan mineral pada makanan yang Anda masak. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara aman menggunakan panci tekan.

Jika Anda salah dalam menggunakan panci tekan, maka makanan yang Anda masak tidak akan menjadi hasil yang baik. Oleh karena itu, simak tips berikut ini bagaimana cara menggunakan panci tekan dengan benar.

Pertama : periksa panci tekan yang akan digunakan untuk memasak. Panci harus dalam keadaan yang bersih pada bagian luar dan dalam, serta tutupnya.

Baca juga : TEKNIK GORENG BAWANG AGAR RENYAH DAN TIDAK GOSONG

masukkan bahan makanan yang akan dimasak ke dalam panci tersebut.

Ketiga : lepaskan katup pengaman atau pengatur tekanan dan tutup panci dengan baik. Pastikan untuk menguncinya untuk cara aman memasak dengan panci tekan. Setelah itu, letakkan panci di atas kompor dan nyalakan api besar untuk menimbulkan uap.

Inilah Cara Aman Memasak dengan Panci Tekan | Breaktime
Cara yang benar memasak dengan panci tekan

Keempat : kecilkan api jika tekanan uap sudah tercapai.

Kelima : perhatikan waktu memasak dengan tepat, agar makanan tidak terlalu matang dan berubah menjadi sangat lembek.

Keenam : jangan buka tutup panci sebelum semua tekanan uap dilepaskan. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengangkat panci dari kompor dan membiarkannya dingin atau membuka katup sampai uap habis dan barulah membuka tutup panci.

Itulah B’timers cara dan langkah-langkah yang benar dalam menggunakan panci tekan. Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk cara aman memasak dengan panci tekan. (vpd)

Share This Article