Waktu yang Baik untuk Simpan Makanan di Kulkas | Breaktime
Ini Waktu yang Baik untuk Simpan Makanan di Kulkas
03.06.2016

Terkadang kita merasa penasaran, apakah dada ayam di bagian bawah lemari pendingin Anda masih aman dikonsumsi, atau mustard yang entah sudah disimpan berapa lama masih bisa disajikan?  Well, sisa makanan dari makan malam biasanya akan masuk ke dalam kulkas untuk mengamankannya. Namun hingga berapa lama maksimal menyimpan makanan di kulkas, ya, B’timers?

Waktu ideal untuk menyimpan makanan

Sebenarnya kulkas bukan alat untuk membantu mengawetkan makanan, lho, B’timers. Memang bisa membantu, tapi bukan untuk waktu yang lama. Jadi, berapa lama maksimal menyimpan makanan di kulkas? Sebenarnya bahan makanan apapun hanya dapat bertahan sampai empat hari jika disimpan dalam lemari es. Jika tidak, tingkat racun makanan akan meningkat.

Resiko menyimpan lebih dari empat hari

Namun bagaimana jika kita belum membutuhkan makanan tersebut hingga lebih dari empat hari, B’timers? Maka sebaiknya simpan saja dalam lemari pembeku agar lebih awet. Karena jika bahan makanan dibekukan, bakteri pembusuk tidak akan berkembang. Jadi makanan dalam freezer jauh lebih awet daripada jika Anda menyimpannya dalam lemari pendingin biasa.

Waktu yang Baik untuk Simpan Makanan di Kulkas | Breaktime
Atur suhu di kulkas secukupnya saja, ya?

Keracunan makanan dari kulkas

Anda tentu sering menyimpan berbagai bahan makanan dalam lemari pendingin, bukan? Nah, hal tersebut dapat meningkatkan penyebaran organisme berbahaya dari makanan yang satu ke makanan yang lain, B’timers. Dan yang mengerikan, biasanya makanan yang sudah terkontaminasi tidak menunjukkan perubahan rasa, bau maupun tampilan makanan tersebut.

Makanan yang terlalu lama disimpan

Ada beberapa makanan yang bahkan Anda sendiri tidak yakin sejak kapan makanan itu ada di sudut kulkas. Nah, untuk itu, sebaiknya Anda buang saja, B’timers. Karena semakin lama Anda membiarkannya di dalam kulkas, maka itu akan semakin mengandung banyak organisme buruk yang berasal dari makanan lainnya.

Setelah mengetahui berapa lama maksimal menyimpan makanan di kulkas, usahakan tidak menyimpan makanan terlalu lama dalam kulkas, agar keluarga terhindar dari keracunan. Dan jangan lupa untuk rutin membersihkan lemari pendingin Anda, ya, B’timers? (NO)

Share This Article