Ini Tips Mengolah Ayam Negeri untuk Kaldu Lezat! | Breaktime
Ini Tips Mengolah Ayam Negeri untuk Kaldu Lezat!
11.09.2016

Nah, daging apa yang biasanya Anda gunakan untuk bahan membuat kaldu, nih, B’timers? Well, meski terlihat sederhana, namun nyatanya membuat kaldu yang pas tidaklah semudah yang dibayangkan, ya, B’timers? Apalagi jika kita menggunakan daging ayam negeri. Wah, bisa diduga seperti apa sulitnya. Eits, itu mungkin karena Anda belum mengetahui tips mengolah ayam negeri untuk kaldu lezat. Yuk, simak cara mudahnya berikut ini, B’timers!

Ini Tips Mengolah Ayam Negeri untuk Kaldu Lezat! | Breaktime
Tambahkan sayur untuk hilangkan bau amis

Perhatikan waktu yang tepat untuk merebus kaldu

Jika Anda ingin membuat kaldu sendiri, perhatikan waktu utnuk merebusnya, B’timers. Yang paling tepat adalah antara 1 hingga 3 jam. Dan hindari memasak menggunakan api besar, lho. Justru dengan api kecil sari kaldu akan lebih mudah keluar, tanpa membuat bahan matang terlebih dulu.

Buang lemak, sisa darah dan kotoran lain yang ada

Well, sebaiknya sebelum Anda memasukkan daging ayam negeri ke dalam air, bersihkan terlebih dahulu lemak yang ada. Jika tidak, maka Anda akan mendapatkan kaldu dengan bau yang amis, B’timers. Selain itu, jika Anda mendapatkan kotoran selama merebus, sebaiknya segera buang, ya?

Baca juga : TIPS MEMASAK DAGING YANG LEMBUT DAN EMPUK

Tambahkan bahan segar lain untuk hilangkan amis

Dan tips mengolah ayam negeri untuk kaldu lezat yang tak banyak diketahui, yaitu menambahkan bahan segar lain, B’timers. Anda tentu tidak ingin mendapatkan kaldu yang berbau amis, khas dari daging ayam negeri, kan? Tambahkan sayuran saja, seperti wortel atau kentang saat merebus.

Ini Tips Mengolah Ayam Negeri untuk Kaldu Lezat! | Breaktime
Beri bumbu herbal untuk menguatkan rasa

Saring kaldu jadi dan simpan di lemari pendingin

Ya, selain membuang kotoran yang ada selama merebus, setelah kaldu jadi pun harus disaring terlebih dahulu, B’timers. Atau Anda bisa menyimpannya dalam kulkas hingga terbentuk lapisan lemak. Buang lapisan tersebut untuk mendapatkan kaldu dari ayam negeri yang warnanya jernih.

Well, menggunakan kaldu instan memang jauh lebih mudah, tapi dengan kaldu dari bahan alami, Anda akan mendapatkan rasa ayng jauh lebih kuat. Selain itu kaldu bikinan sendiri tentu juga lebih sehat. Nah, tidak repot lagi, kan, setelah mengetahui tips mengolah ayam negeri untuk kaldu lezat, B’timers? (NO)

Share This Article