Ini Makanan Sehat dan Tidak Sehat Selama Ramadan | Breaktime
Ini Makanan Sehat dan Tidak Sehat Selama Ramadan
07.06.2017

Menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya memang menjadi kewajiban untuk  seluruh umat Islam yang ada di segala penjuru dunia, B’timers. sepanjang hari menahan haus dan lapar memang bikin kita ingin melahap semua yang tersaji di atas meja setelah adzan magrib berkumandang, ya? Nah, hal ini padahal sangat dilarang karena tidak menceminkan arti dari berpuasa sesungguhnya.

Dan yang biasanya dilanggar oleh tak sedikit orang adalah, mengonsumsi makanan tidak sehat saat tiba waktu berbuka dan saat santap sahur, misalnya terlalu berlebihan mengonsumsi minuman dingin manis yang dibarengi juga dengan aneka gorengan tinggi kadar minyak. Nah, daripada Anda mempertaruhkan kesehatan, yuk, intip makanan sehat dan tidak sehat selama Ramadan yang perlu diketahui, B’timers!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Catat, yuk! Inilah Makanan Menurunkan Kolesterol

Sangat disarankan untuk mengutamakan sayuran segar karena kaya akan sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Gunakan buah segar untuk membuat jus dan sajikan tanpa sedikitpun Anda menambahkan gula atau pemanis. Pilih susu rendah lemak dan produk susu rendah lemak lainnya selama bulan Ramadan.

Hindari menggunakan mentega dan ghee saat akan memasak. Sebagai penggantinya Anda bisa memakai minyak nabati dalam jumlah kecil, B’timers. terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak ini dapat menyebabkan aneka masalah kesehatan, lho. Well, meskipun hanya batuk dan pilek, namun tetap akan mengganggu ibadah.

Ini Makanan Sehat dan Tidak Sehat Selama Ramadan | Breaktime
Pilih susu dan produk olahan yang rendah lemak

Oleh pakar kesehatan, sebaiknya Anda mengonsumsi daging yang rendah atau sama sekali tak memiliki kandungan lemak, seperti ikan dan ayam tanpa kulit. Selain pemilihan daging, Anda juga tidak diizinkan untuk mengolahnya selain dengan memanggang, merebus atau mengukus.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Kue Manis untuk Teman Waktu Berbuka Puasa!

Agar Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung semua nutrisi, seperti dari roti gandum, dan biji-bijian, buah dan sayuran, daging dan kacang polong, susu dan juga produk susu.

Ini Makanan Sehat dan Tidak Sehat Selama Ramadan | Breaktime
Daging sapi tanpa lemak panggang

Untuk makanan sehat dan tidak sehat selama bulan puasa, Anda bisa mencatatnya untuk menghindari masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kesalahan pemilihan makanan selama bulan puasa, B’timers.

Misalnya sangat penting untuk menambahkan ikan, ayam bakar atau ayam tanpa lemak, olahan daging sapi atau domba, udang, kacang polong, kacang lentil dan telur. Semua makanan inisangat menyehatkan untuk dikonsumsi dan akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat Anda berpuasa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow! Ini Makanan Kesehatan Terbaik Bagi Jantung!

Ya, meskipun saat berbuka sangat menyegarkan dengan seporsi minuman dingin, es krim, yogurt dingin ataupun aneka minuman dingin lainnya, namun semua jenis minuman manis sekaligus dingin ini adalah musuh yang harus Anda jauhi selama Ramadan. Apalagi bulan puasa kali ini jatuh pada masa peralihan musim, B’timers. jika Anda tak ingin kesehatan terganggu, sebaiknya batasi minum minuman dingin dan manis, ya?

Ini Makanan Sehat dan Tidak Sehat Selama Ramadan | Breaktime
Perbanyak mengonsumsi sayuran segar

Setiap jenis sayuran segar memang memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun apabila Anda salah mengolahnya, maka bukan manfaat positif yang akan kita dapatkan, melainkan justru efek negatif bagi tubuh, lho, B’timers. sebaiknya masak sayuran dengan cara direbus, dipanggang, dikukus ataupun ditumis dengan sangat sedikit minyak.

Roti adalah sumber kalori yang baik untuk membantu tubuh berenergi selama menjalani puasa. Namun sebaiknya Anda memilih roti yang terbuat dari gandum. Selain itu pilih spageti tanpa tambahan saus yang mengandung tinggi lemak. Dan jika Anda adalah penyuka kentang, sebaiknya olah kentang dengan cara direbus atau dikukus.

Nah, itulah beberapa makanan sehat dan tidak sehat yang harus Anda ketahui, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE