Ini Dia Tips Sehat Memasak Tanpa Minyak | Breaktime
Ini Dia Tips Sehat Memasak Tanpa Minyak
15.11.2016

Minyak goreng yang biasa digunakan untuk memasak memang bisa membuat masakan menjadi gurih dan renyah. Namun apakah Anda tahu bahwa terlalu sering dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak akan menyebabkan kolesterol tinggi. Anda tentu tidak mau bukan menderita penyakit kolesterol yang membuat Anda tidak bisa bebas mengkonsumsi makanan enak. Jika Anda ingin menghindari makanan yang mengandung minyak mulailah merubah cara memasak Anda dengan menghindari penggunaan minyak pada masakan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips memasak tanpa minyak yang akan memberikan dampak positif untuk Anda.

  • Menumis

Jika Anda memang merasa sangat sulit untuk menghindari masakan tanpa minyak karena masakan yang dimasak menggunakan minyak rasanya gurih dan menggugah selera ada solusi cerdas yang bisa Anda gunakan saat Anda memasak. Anda bisa menumis dimana cara memasak satu ini sangat berbeda dari menggoreng. Dengan menumis Anda akan tetap menggunakan minyak namun hanya sedikit dan akan menggunakan lebih banyak air.

  • Memanggang

Selain menumis Anda juga bisa memanggang hidangan Anda. Dengan memanggang makanan Anda tidak akan kalah enaknya dengan masakan yang dimasak dengan cara digoreng. Dengan begini Anda bisa menghindari makanan berminyak dan tubuh bisa terhindar dari kolesterol tinggi.

  • Merebus

Memasak dengan cara merebus bahan-bahan makanan juga jauh lebih sehat daripada terus bergantung pada minyak goreng yang bisa menyebabkan penyakit. Merebus sendiri juga merupakan salah satu cara memasak yang mudah karena Anda bisa mencapur sayur dengan ikannya sekaligus, misalnya Anda memasak sayur sop, dengan menambahkan daging sapi atau ayam maka jadilah sop Ayam dan sop daging, Anda juga bisa menambahkan sosis atau bakso di dalamnya. Rasanya akan lebih enak daripada makanan yang digoreng karena kaldu dari daging dan ayam akan sangat terasa di dalam sop yang Anda masak. Selain enak dan mudah, dengan makan makanan yang direbus maka ini akan memperlancar pencernaan Anda.

Ini Dia Tips Sehat Memasak Tanpa Minyak | Breaktime
Membiasakan anak memasak tanpa minyak
  • Mengukus

Cara masak satu ini adalah salah satu cara memasak yang sehat karena tidak merusak tekstur dan kandungan makanan yang dikukus. Hal ini juga membuat makanan jadi lebih dicerna sehingga tidak menyebabkan sembelit atau kembung.

Menghindari masak menggunakan minyak goreng akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Menghindari makanan berminyak juga bisa membuat tubuh Anda terlihat ideal karena terhindar dari perut buncit akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak. Anda pasti ingin mempertahankan berat ideal Anda bukan sampai usia tua nanti? Jika iya sudah seharusnya Anda mulai menghindari makanan yang berminyak atau digoreng.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak dapat membuat tubuh terserang penyakit yang bisa berujung kelumpuhan dan juga kematian. Salah satu penyakit yang mengerikan tersebut adalah stroke. Dengan banyaknya konsumsi makanan berminyak Anda akan beresiko terserang stroke dengan resiko besar yang berujung kematian karena dengan mengkonsumsi makanan berminyak maka lemak akan terkumpul di bagian tengah tubuh atau perut. Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa orang yang memiliki lemak terlalu banyak dibagian perut akan lebih beresiko meninggal karena stroke daripada orang yang memang gemuk atau lemaknya tersebar ke seluruh tubuh.

Oleh karena mulai dari sekarang mari menjaga gaya hidup dengan gaya hidup sehat, Salah satu cara memulai gaya hidup sehat adalah dengan mengatur pola makan berdasarkan tips memasak tanpa minyak di atas. (naf)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE