Ini Dia Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara! | Breaktime
Ini Dia Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara!
06.02.2016

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Meskipun memiliki gejala yang terlihat jelas, namun penanganan yang kurang cepat juga dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sebaiknya cegah kanker sejak dini dengan beragam makanan pencegah kanker payudara. Apa saja ya?

Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang efektif mengurangi jumlah sel induk kanker payudara. Manfaat senyawa ini, diketahui setelah melalui proses ujicoba pada tikus di University of Michigan. Meskipun mengonsumsi brokoli tak sepenuhnya memenuhi kebutuhan tubuh akan sulforaphane, namun sel pertumbuhan penyebab menyebarnya kanker akan terhambat. Konsumsi brokoli mentah, kukus, ataupun tumis, karena merebus dapat menghancurkan senyawa sulforaphane.

Kopi

Penelitian di Breast Cancer Research pada Mei 2011 menyebutkan bawa minum sekitar dua cangkir kopi perhari dapat menurunkan risiko kanker payudara. Antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat melindungi sel dari kerusakan penyebab kanker.

Ini Dia Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara! | Breaktime
Minum dua cangkir kopi dalam sehari untuk mencegah kanker

Salmon

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, mengonsumsi minyak ikan selama 10 tahun dapat menurunkan risiko kanker payudara. Hal ini berkaitan dengan lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan kanker. Dalam seminggu, sebaiknya konsumsi 8 ons salmon, sarden atau tuna.

Minyak zaitun

Para peneliti dari Barcelona menguji pengaruh minyak zaitun dan minyak jagung untuk mengatasi kanker payudara pada tikus. Hasilnya, antioksidan minyak zaitun dan asam oleat mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel ganas pada kanker.

Peterseli dan seledri

Para ilmuwan dari University of Missouri, menemukan bahwa peterseli benar-benar dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa apigenin yang terdapat dalam peterseli dan seledri, mampu mendorong perlawanan tubuh terhadap pertumbuhan tumor dan kanker.

Plum dan Persik

Makanan pencegah kanker payudara selanjutnya adalah plum dan buah persik. Tim peneliti di Texas A&M menemukan bahwa kedua buah ini memiliki dua jenis antioksidan tinggi yang dapat membantu membunuh sel kanker payudara dan menjaga kesehatan sel sehat.

Ini Dia Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara! | Breaktime
Sediakan plum dan buah persik untuk mencegah kanker

Polong-polongan

Laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan bahwa peningkatan asupan serat dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Setiap 10 gram serat dalam makanan sehari-hari, mampu menurunkan risiko hingga 7 persen. Anda bisa mengonsumsi kacang polong, barley, ataupun artichoke.

Kenari

Penelitian terbaru dalam jurnal Nutrition and Cancer, menyatakan bahwa kenari dapat menggagalkan pertumbuhan kanker payudara. Kenari dengan kandungan lemak omega-3, pitosterol dan antioksidan yang bersifat anti inflamasi dan dapat melawan pertumbuhan kanker.

Beragam makanan pencegah kanker payudara ini dapat Anda olah menjadi beragam makanan nikmat untuk dikonsumsi tiap hari. Selain itu, Anda juga bisa menikmatinya sebagai cemilan sehat di waktu senggang. (dfr)

Share This Article