Ini Dia Beberapa Jenis Dawet yang Ada di Indonesia, Gak Cuma Dawet Ayu! | Breaktime
Ini Dia Beberapa Jenis Dawet yang Ada di Indonesia, Gak Cuma Dawet Ayu!
24.06.2018

Breaktime.co.id - Siapa sih yang tak kenal dengan jenis minuman yang satu ini? Dawet biasanya identik dengan minuman dingin dengan isian warna hijau kenyal yang menggoda. Es Dawet itu gak cuma menghilangkan dahaga tapi juga bisa mengenyangkan karena isian ijo dawetnya. Nah, ternyata es Dawet ini punya banyak jenis di Indonesia, apa aja? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Es Dawet Ayu

Nah, ini es Dawet yang banyak dikenal oleh masyarakat kita. Dawet Ayu ini es Dawet khas dari Banjarnegara. Tapi kamu bisa menemukannya di berbagai daerah di Indonesia. Isiannya ada cendol hijau, santan, gula aren, dan buah nangka. Rasanya gausah ditanya, pasti menyegarkan banget.

2. Es Dawet Ireng

Es Dawet ini punya isian yang agak berbeda dari Dawet yang lain. Kalo Dawet yang lain mempunyai isian cendol yang berwarna hijau, kalo es Dawet Ireng ini punya cendol yang berwarna hitam. Kata 'ireng' ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti 'hitam'. Warna hitam dari cendol ini terbuat dari arang bambu yang aman untuk dikonsumsi. Rasanya gak kalah enak, udah pernah nyobain? Es Dawet Ireng ini berasal dari Purworejo.

3. Es Dawet Jepara

Jepara yang berasal dari pesisir Jawa Tengah ini punya es Dawetnya sendiri. Isiannya berupa santan, cendol hijau, gula merah, dan beberapa buah-buahan seperti durian, nangka, kelapa muda, dan alpukat. Duh seger banget kayaknya ya....

4. Dawet Gandul Ketan

Dawet yang satu ini berasal dari Kota Blitar, Jawa Timur. Isiannya berbeda dengan Dawet biasa, selain ada santan, cendol hijau, dan gula merah cair, dalam Dawet ini juga ada bubur sumsum, ketan hitam, dan grandul ketan ( terbuat dari ketan dan gula aren mirip candil). Duh kok kayaknya mengenyangkan sekali ya isiannya?

5. Es Dawet Selasih

Es Dawet satu ini berasal dari kota Solo dan biasanya bisa kamu temukan di Pasar Gedhe Solo. Isiannya adalah santan, cendol hijau, gula putih, ketan hitam, bubur sumsum, dan pastinya biji selasih. Tampilan yang putih tak seperti es Dawet lain karena menggunakan gula putih sebagai pemanisnya, tak seperti Dawet lain yang menggunakan gula merah atau gula aren.

Nah, ini dia beberapa jenis Dawet yang ada di Indonesia. Kalo di daerahmu, punya jenis Dawet yang berbeda juga gak?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE