Ini Cara Simpan Bawang Putih dan Atasi Baunya | Breaktime
Ini Cara Simpan Bawang Putih dan Atasi Baunya
14.08.2016

Salah satu bumbu dapur yang seringkali meninggalkan bau di tangan ataupun pada peralatan memasak adalah bawang putih. Bawang putih merupakan bumbu yang selalu digunakan untuk memasak dan memiliki aroma khas yang menyengat. Setelah selesai memasak, terkadang meskipun Anda telah mencuci tangan dan peralatan memasak, namun bau bawang putih masih menempel. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau bawang putih pada tangan dan peralatan? Yuk, lihat tips berikut ini.

Ini Cara Simpan Bawang Putih dan Atasi Baunya | Breaktime
Lemon salah satu alat untuk menghilangkan bau bawang putih

Menghilangkan bau bawang putih pada tangan

  1. Cuci tangan Anda menggunakan perasan lemon.
  2. Gosok tangan Anda dengan stainless steel. Stainless steel mampu menetralisir kandungan sulfur dalam bawang putih.
  3. Kopi juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau bawang putih di tangan Anda. 

Baca juga : TAK INGIN PARE PAHIT? OLAH DENGAN CARA BERIKUT!

Menghilangkan bau bawang putih pada peralatan memasak

  1. Jika bau bawang putih menempel pada telenan, maka taburkan garam atau baking soda lalu gosok-gosokkan. Biarkan beberapa menit, lalu bersihkan.
  2. Jika bau bawang putih menempel pada pisau, maka gunakan lemon atau jeruk nipis dan gosok-gosokkan pada pisau. Lalu cuci pisau dengan air dan keringkan dengan lap yang bersih.
  3. Untuk bau bawang yang menempel pada peralatan masak yang terbuat dari plastik, maka taburkan baking soda lalu tuang cuka ke dalamnya. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Mudah, kan untuk menghilangkan bau bawang putih yang menempel di tangan dan peralatan masak Anda. Sekarang Anda tak perlu bingung lagi untuk memasak dengan menggunakan bawang putih dan peralatan masak Anda juga akan tetap bersih dan wangi.

Selain mengatasi bau bawang putih, supaya bawang putih awet, simpan baik-baik dengan cara menaruhnya di kantong berdesain jaring atau keranjang kawat. Bisa juga di mangkuk kecil yang berlubang atau paper bag. Namun ingat B’timers, jangan menyimpan bawang putih di kantong plastik atau plastik yang bersegel, sebab dapat menyebabkan munculnya jamur serta bisa membuatnya bertunas. (vpd)

Share This Article