Ini Bedanya Blender dengan Mixer, Seperti Apa? | Breaktime
Ini Bedanya Blender dengan Mixer, Seperti Apa?
27.01.2016

B’timers tentu sudah tidak asing lagi dengan belanja online, bukan? Tapi pernahkah ketika ingin membeli sebuah mixer tangan, namun tidak menemukan barang yang cocok dengan keinginan? Well, seringkali banyak orang yang tidak mengetahui apa beda blender dan mixer. Nah, daripada bingung, cari tahu bedanya antara blender dengan mixer, yuk.

Blender vs. mixer

Blender dan mixer memang merupakan alat yang paling berguna di dapur kita. Meskipun namanya hampir mirip, namun tidak berarti keduanya memiliki kegunaan yang sama, lho. Mixer biasanya digunakan oleh mereka yang sering membuat olahan kue, yaitu mencampur bahan kue menjadi satu, tanpa perlu menggunakan tenaga kita sendiri. Sementara blender, untuk menghaluskan bahan makanan.

Ini Bedanya Blender dengan Mixer, Seperti Apa? | Breaktime
Wanita menggunakan blender untuk melembutkan makanan

Blender

Sebuah blender bekerja menggunakan motor untuk menggerakkan pisau. Dan Anda juga bisa mengatur kekuatan yang berbeda saat menggunakannya, B’timers. Hal ini memungkinkan Anda memilih besarnya power yang dibutuhkan untuk menghaluskan bahan makanan yang ada, misalnya menghaluskan bumbu dapur atau potongan buah untuk jus, tentu akan berbeda saat Anda harus menghaluskan biji kopi.

Saat ini Anda bisa memilih varian blender sesuai dengan kebutuhan. Ada yang hanya berupa perangkat silinder panjang dengan pisau stainless tanpa wadah. Hal ini akan memudahkan Anda tentunya. Karena Anda bisa langsung menggunakannya langsung ke dalam panci atau mangkuk untuk melembutkan isi.

Ada juga blender dengan wadah tabung untuk menampung bahan makanan yang ingin Anda haluskan. Misalnya untuk membuat jus, Anda tinggal memasukkan potongan buah, dengan es batu ke dalam blender, dan minuman buah segar pun siap dinikmati.

Ini Bedanya Blender dengan Mixer, Seperti Apa? | Breaktime
Mengajari anak membuat kue

Mixer

Meskipun banyak yang menggunakan blender untuk mengaduk adonan, keberadaan mixer ini tetap penting, lho, B’timers, apalagi saat Anda ingin memanggang kue. Mixer memiliki 2 beaters yang sangat membantu menguleni adonan kue. Sama seperti blender, mixer juga dapat mengocok krim, putih telur atau puding, namun saat mencampur adonan, tidak mungkin Anda menggunakan blender, bukan?

Karena saat Anda menggunakan blender untuk membuat adonan, terkadang bahan tidak tercampur rata. Anda tentu tidak ingin ketika memotong kue ternyata masih ada gumpalan terigu yang tidak teraduk sempurna. Memiliki bentuk dan kekuatan masing-masing, itulah beda blender dan mixer, B’timers.

BACA JUGA : Bumbu Ulek vs Bumbu Blender

Tentu akan lebih baik jika Anda memiliki 2 benda ini di dapur, B’timers. Meskipun terkadang salah menyebutkan antara keduanya, dengan mengetahui beda blender dan mixer, Anda tidak lagi bingung, kan, B’timers? (NO)

Share This Article