Ini Asupan Yang Bikin Martabak Sangat Menggoda! | Breaktime
Ini Asupan Yang Bikin Martabak Sangat Menggoda!
06.10.2017

Martabak menjadi salah satu jenis street food khas Indonesia yang paling seru dinikmati saat malam hari ataupun saat musim hujan. Nah, sebentar lagi kan musim hujan, pasti para penjual martabak akan punya pelanggan dengan antrian yang panjang. Martabak sendiri terdiri dari dua macam, yaitu martabak telur dan martabak manis. Kedua jenis martabak ini pun sekarang telah banyak dikreasikan dengan berbagai bahan makanan lain.

Camilan kebangsaan sebagian besar masyarakat Indonesia ini dianggap selalu berhasil menggagalkan diet mereka. Sebenarnya apa sih kandungan dalam martabak yang bikin semua orang tergoda? Apakah buruk untuk kesehatan atau mungkin justru memiliki beberapa kandungan yang menyehatkan? Simak pembahasannya berikut ini, yuk!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bersiap dengan Serbuan Kuliner Unik Cheese Tea

Kedua jenis martabak ini sama-sama dibuat dengan bahan dasar tepung. Nah, tepung sendiri merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Untuk satu martabak telur tanpa topping kekinian mengandung karbohidrat sekitar 0,2 gram. Sedangkan untuk martabak telur menyumbang total karbohidrat sebanyak 37,37 gram per potongnya.

Selain karbohidrat, kandungan kolesterol juga sering dipertanyakan oleh para pelaku diet. Sebelumnya, apakah Anda bisa menebak, jenis martabak mana yang punya kandungan kolesterol lebih tinggi? Yap, jawabannya martabak telur. Sepotong martabak telur mengandung kolesterol sampai 156,4 miligram. Lalu bagaimana dengan martabak manis? Jenis martabak manis hanya mengandung 66 miligram saja.

Selanjutnya adalah tentang kandungan kalori. Kita pasti mengira jika martabak manis mengandung paling banyak kalori, dilihat dari bahan dan topping-nya yang beragam. Ternyata kita salah, karena ternyata martabak telur yang punya kandungan kalori paling banyak. Kurang lebih martabak telur mengandung 431 kalori. Kalau martabak manis dengan topping coklat kacang punya kandungan kalori sebanyak 270 kalori.

Ini Asupan Yang Bikin Martabak Sangat Menggoda! | Breaktime
Coba tebak, mana yang lebih sehat?
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tubuh Sehat dengan Manfaat Sup Sarang Burung

Jenis martabak manis yang sangat banyak juga menjadi pertanyaan. Bagaimana dengan martabak manis topping coklat? Martabak jenis ini mengandung hanya 150 kalori. Untuk martabak topping keju justru hanya 145 kalori. Jadi, memang tidak sesuai dengan yang dibayangkan, ya.

Kandungan lain yang sering bikin gemuk adalah lemak. Yang satu ini menjadi momok bagi para pelaku diet. Sebenarnya seberapa banyak sih kandungan lemak dalam martabak manis dan martabak telur. Untuk sepotong martabak manis hanya mengandung 11,31 gram lemak. Sedangkan sepotong martabak telur mengandung lemak lebih banyak yaitu 35,9 gram.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aneka Kuliner Ekstrim di Dunia, Berani Coba?

Yang terakhir adalah kandungan protein dalam dua jenis martabak ini. Jika dilihat dari kandungan proteinnya, martabak telur memiliki kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan martabak manis. Martabak telur mengandung 8,5 gram protein dan martabak manis mengandung 2,21 gram protein.

Terjawab sudah kandungan yang ada dalam kedua jenis martabak tersebut. Anda bisa menyimpulkan sendiri mana yang sebaiknya dikonsumsi. Tetapi tetap saja jangan terlalu sering. Oleh karena itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan pola hidup sehat Anda, berikan perlindungan terhadap diri sendiri dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE