Ini Alasan Makan Makanan Pedas Bikin Sakit Perut | Breaktime
Ini Alasan Makan Makanan Pedas Bikin Sakit Perut
17.02.2017

Makanan pedas adalah segalanya untuk Anda, B’timers? Atau apakah Anda justru termasuk orang yang anti mengonsumsi makanan pedas, nih? Well, untuk sebagian orang makanan pedas memang memberi sensasi kepuasan yang begitu sempurna. Namun yang lain efek tak menyenangkan dari makan makanan pedas, seperti sakit perut hingga diare, adalah hal menjengkelkan.

Dan harus berurusan dengan sakit perut setelah Anda makan makanan pedas tentu selain tak membuat nyaman, rasanya juga sangat mengganggu. Nah, terlepas dari suka ataupun tidak seseorang pada menu pedas, pertanyaan yang masih bikin kita merasa penasaran adalah, kenapa setelah mengonsumsi sajian pedas bisa bikin sakit perut. Anda bisa tahu alasannya di bawah ini!

Ini Alasan Makan Makanan Pedas Bikin Sakit Perut | Breaktime
Olahan seafood pedas memang bikin nafsu makan meningkat

Ternyata tak hanya makanan pedas saja yang bisa menyebabkan perut kita melilit, lho, B’timers. Banyak alasan perut Anda terasa sakit setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dan itu semua sebenarnya dapat disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan umum. Beberapa jenis makanan tertentu memang berisiko mempengaruhi sistem pencernaan. Tanda jika Anda sakit perut, seperti perut terasa sebah atau kembung, sering bersendawa dan buang gas.

Alasan kenapa makan makanan pedas bisa bikin kita sakit perut adalah karena ada kandungan capcaisin yang tersimpan di dalamnya. Bahan kimia alami ini biasa ditemukan di dalam jenis-jenis cabai, termasuk habaneros, jalapeños dan poblanos. Dan tahukah Anda, jika bahan kimia capcaisin juga sering digunakan dalam bidang pertanian untuk menjaga tanaman terhindari dari serangan hama dan serangga.

Nah, saat capcaisin ini masuk ke dalam sistem pencernaan dan terjadi kontak dengan lambung, maka di saat itulah timbul rasa sakit dan tidak nyaman. Namun rasa sakit dan ketidaknyamanan yang Anda rasa biasanya hanya berlangsung sementara saja, kok, B’timers. Jadi jangan khawatir dengan efek saat Anda makan makanan pedas tak akan mengganggu. Kecuali jika ada alergi atau gangguan pencernaan.

Ini Alasan Makan Makanan Pedas Bikin Sakit Perut | Breaktime
Teh peppermint bisa bantu atasi rasa sakit setelah makan pedas

Selain itu, mitos yang salah dan masih saja dipercaya oleh banyak orang tentang makan makanan pedas adalah, dapat menyebabkan bisul. Well, kesalahpahaman yang satu ini sering diungkapkan oleh banyak orang. Dan meskipun bisul benar-benar tumbuh, tetapi sebenarnya bukanlah makanan pedas penyebab dari bisul itu, B’timers. Bahan kimia dalam makanan pedas yang mengiritasi lambung yang sensitif.

Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi sakit perut yang Anda rasakan setelah makan makanan pedas, nih, B’timers? Well, tak sulit, kok, untuk mencegah sakit perut karena makan makanan pedas kesukaan Anda. Meminum susu atau olahan susu seperti es krim dan susu dingin, terbukti cukup ampuh di dalam membantu menetralkan efek tidak nyaman yang diakibatkan oleh capcaisin, B’timers.

Akan tetapi, apabila Anda mengalami rasa sakit di dalam perut karena gangguan sistem pencernaan, ada baiknya Anda untuk makan lebih lambat, B’timers. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari suasana yang bisa menyebabkan stres dan tekanan dalam pikiran, sesaat sebelum atau sesudah makan. Dan sebaiknya buatlah catatan, hingga seberapa banyak makanan pedas yang bisa Anda terima.

Untuk Anda yang memiliki gangguan sistem pencernaan, seperti maag, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan pedas yang Anda sukai, B’timers. Jangan sampai makanan favorit Anda menjadi penyebab utama Anda mengalami sakit perut dan rasa tidak nyaman di waktu yang cukup lama.

Terdapat beberapa resep alami yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi sakit perut setelah makan makanan pedas, kok, B’timers. Misalnya teh peppermint dan air seduhan akar jahe. Nah, itulah alasan kenapa makan makanan pedas dapat bikin Anda sakit perut, B’timers. Sudah tidak penasaran lagi, kan? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE