Ini Alasan Kenapa Menambahkan Parsley ke Makanan | Breaktime
Ini Alasan Kenapa Menambahkan Parsley ke Makanan
28.02.2017

Apakah Anda menggunakan peterseli hanya untuk hiasan makanan saja, B’timers? Padahal daun herbal dengan aroma dan rasa yang khas ini jauh lebih berarti dibandingkan hanya untuk hiasan pada masakan, lho. Untuk Anda yang jarang menambahkan parsley pada makanan, sebaiknya dari sekarang Anda harus membeli atau setidaknya menanam peterseli di kebun Anda sendiri, B’timers.

Ini karena peterseli lebih dari sekedar hiasan berwarna hijau dengan bentuk keriting yang bisa ditembah pada setiap masakan Anda, lho, B’timers. Untuk Anda yang tidak mengetahui alasan kenapa Anda harus menambahkan peterseli pada makanan, di bawah ini adalah beberapa penjelasan yang wajib diketahui, lho. Wah, apa saja alasan kita harus menambahkan parsley ke makanan, ya?

Ini Alasan Kenapa Menambahkan Parsley ke Makanan | Breaktime
Tak hanya untuk hiasan, parsley berikan keseimbangan rasa

Dan alasan yang ada dari menambahkan peterseli ke makanan adalah membantu meningkatkan rasa di makanan yang Anda olah, B’timers. Ya, menurut penelitian, penambahan peterseli pada makanan dapat memberikan keseimbangan rasa gurih pada makanan. Apalagi jika Anda menambahkan sedikit air jeruk nipis, maka masakan Anda akan memiliki rasa yang jauh lebih gurih dari biasanya.

Peterseli atau parsley menawarkan rasa pahit yang ringan. Dan seperti yang kita ketahui, lidah manusia memiliki kemampuan untuk merasakan 5 macam rasa, yaitu asin, manis, asam, pahit serta umami. Rasa asin dan manis adalah dua jenis rasa yang sangat jelas. Sedangkan rasa asam, dapat Anda dapatkan saat makan jus lemon atau cuka. Umami datang dari rasa gurih. Sementara pahit datang dari kulit jeruk dan sayuran pahit, misalnya seperti kale, sawi, arugula dan juga peterseli, B’timers.

Nah, menikmati hidangan dengan rasa yang seimbang dapat memberikan rangsangan terhadap semua reseptor untuk setiap rasa yang terdapat pada lidah Anda, B’timers. Untuk itulah dengan menambahkan parsley pada makanan yang Anda olah, akan membuat rasa sup menjadi lebih seimbang. Hal ini karena di dalam sup tidak terdapat rasa pahit yang membantu menyeimbangkan rasanya.

Ini Alasan Kenapa Menambahkan Parsley ke Makanan | Breaktime
Tabbouleh Parsley Salad yang rasanya menggugah selera!

Tidak hanya itu, B’timers. Peterseli juga terbukti sangat baik untuk sistem pencernaan Anda. Tak beda dari sayuran pahit lainnya, peterseli dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan menjaga sistem pencernaan Anda, lho. Sudah sejak lama parsley dikenal sebagai obat tradisional yang efektif membantu mengobati pencernaan jika Anda mengalami masalah pada sistem pencernaan.

Rasa pahit dari peterseli dan berbagai jenis sayuran pahit lainnya dapat membantu sistem pencernaan yang terganggu, B’timers. So, pada masa yang akan datang, jika Anda mengalami rasa tidak nyaman di perut karena masalah atau gangguan pencernaan, sebaiknya Anda konsumsi si daun keriting peterseli yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang tengah Anda alami itu.

Yang terakhir adalah, ternyata peterseli tidak hanya bisa Anda taburkan di makanan saja untuk memberi keseimbangan rasa, lho, B’timers. Karena ada berbagai macam masakan yang dapat Anda olah dengan daun parsley sebagai bahan utamanya. Wow, penasaran, kan, menu apa saja yang bisa kita siapkan dari peterseli ini? Di bawah ini beberapa makanan lezat yang terbuat dari daun parsley!

Chimichurri adalah saus tradisional yang berasal dari Argentina. Biasanya saus ini disajikan dengan menu yang dipanggang, seperti seafood, ayam atau daging sapi. Campuran peterseli, daun mint, daun bawang, jus lemon dan minyak zaitun menjadikan saus klasik ini semakin melengkapi dan menyempurnakan rasa dari daging panggang yang Anda olah, B’timers.

Resep makanan yang menggunakan daun parsley sebagai bahan utamanya, ada seperti Spring Parsley-Watercress Soup, Parsley Pesto, Parsley Salad with Walnuts and Raisin dan Avocado Tabbouleh in Little Gems.

Nah, selain harus Anda tambahkan ke dalam makanan, daun parsley juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang memiliki rasa sempurna, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE