Alasan Kenapa Makanan Harus Tetap pada Suhunya | Breaktime
Ini Alasan Kenapa Makanan Harus Tetap pada Suhunya
11.05.2016

B’timers, ternyata menjaga makanan tetap pada suhunya harus dilakukan. Misalnya, Anda harus menjaga makanan dingin tetap dingin dan makanan panas tetap panas. Lebih jauh, ada suhu range suhu tertentu yang berbahaya untuk makanan. Kisaran suhu antara 5°C dan 60°C dikenal sebagai Temperature Danger Zone. Jika makanan berada di zona ini, bakteri penyebab keracunan akan tumbuh ke tingkat yang tidak aman dan membuat Anda sakit. Waduh!

Jaga makanan dingin tetap dingin

Karena itu, jaga suhu lemari es Anda di bawah 5°C. Pada suhu ini sebagian besar bakteri penyebab keracunan pada makanan hanya bisa tumbuh secara perlahan-lahan atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Gunakan termometer kulkas untuk memeriksa bahwa suhu tetap sekitar 4 sampai 5°C. Anda juga harus memastikan memiliki cukup ruang di kulkas karena pendingin tidak akan berfungsi dengan baik ketika overload karena udara dingin tidak bisa beredar.

Alasan Kenapa Makanan Harus Tetap pada Suhunya | Breaktime
Selai adalah makanan yang aman dengan suhu berapapun

Jika Anda kehabisan ruang dalam lemari es Anda, keluarkan makanan yang tidak berpotensi bahaya. Makanan seperti selai, acar, saus, cuka, minuman botol atau minuman kaleng, suhu makanan ini tidak berpengaruh untuk keselamatan. Makanan ini juga masih bisa tetap dingin jika disimpan di wadah terisolasi dengan es atau kemasan dingin. Ketika membuat makanan, jangan langsung dikonsumsi juga. Pastikan untuk aman terlebih dari zona suhu berbahaya secepat mungkin, B’timers.

Alasan Kenapa Makanan Harus Tetap pada Suhunya | Breaktime
Jangan biarkan kulkas Anda overload, ya!

Jaga makanan panas tetap panas

Sama seperti makanan dingin, jangan sampai makanan panas memasuki zona suhu berbahaya. Makanan panas harus disimpan dan disajikan pada suhu minimal 60°C atau lebih. Jika Anda menyimpan makanan hangat untuk keluarga yang terlambat makan bersama, simpan di dalam oven atau microwave pada suhu 60°C atau 100°C agar bakteri penyebab keracunan makanan tidak berkembang.

Jadi, sekarang B’timers sudah tahu bukan bahwa makanan harus tetap pada suhunya yang sesuai. Jangan sampai Anda dan keluarga mengalami hal-hal yang tidak diinginkan karena salah dalam menyimpan makanan panas atau dingin. Semoga informasinya bermanfaat, ya! (nap)

Share This Article