Ini 7 Fakta Unik di Balik Buah Pisang, Apa Saja | Breaktime
Ini 7 Fakta Unik di Balik Buah Pisang, Apa Saja?
24.03.2016

Pisang dikenal sebagai buah dengan sejuta manfaat terbaik. Selain bagus untuk kesehatan dan membantu program diet, pisang juga sangat berperan penting untuk kecantikan, terutama kulit dan rambut. Namun selain fakta mengagumkan tersebut, tahukah Anda bahwa ada fakta buah pisang lainnya yang mungkin akan membuat Anda terkejut? Apa saja, sih? Simak ulasannya, yuk!

Radioaktif

Pisang adalah buah yang  memiliki kandungan potasium atau kaliaum yang sangat tinggi di dalamnya. Lebih spesifik, pisang mengandung 40 kalium yang merupakan isotope dari radioaktif.

Pisang komersial

Pisang yang dijual di supermarket terbaik (sebut saja Cavendish) berasal dari satu tanaman tunggal di salah satu negara Asia Tenggara yang mengalami proses cloning. Itulah kenapa mungkin sebentar lagi pisang cantik ini akan punah.

Ini 7 Fakta Unik di Balik Buah Pisang, Apa Saja | Breaktime
Cavendhis berasal dari Asia Tenggara

Raja pisang sebelum Cavendish

Fakta buah pisang selanjutnya adalah primadona pisang komersial sebelum pisang Cavendish, Gros Michel. Seperti Cavendish, pisang ini juga merupakan hasil clone dari satu pohon pisang terbaik di pertengahan abad ke-20. Rasanya lebih nikmat, lebih besar dan lebih mudah didistribusikan. Sayangnya peredarannya dihentikan di seluruh dunia karena alasan keseimbangan ekosistem.

Ada 1000 jenis pisang di seluruh dunia

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 1000 jenis pisang di dunia. Perlu Anda ketahui, Gros Michel memang telah dihapuskan dari dunia komersial dan Cavendish sukses menjadi penggantinya hingga saat ini. Namun, meski ada 1000 jenis buah pisang, nyatanya belum ada yang mampu menggantikan tahta kelezatan Cavendish di hati penikmat pisang, lho!

Pisang rasa apel

Dunia memiliki The Goldfinger, salah satu pisang super lezat dari Australia yang dibesarkan dari hasil hibrida oleh Philip Rowe. Uniknya, daripada terasa seperti pisang pada umumnya, The Goldfinger justru memiliki rasa seperti apel. Sayangnya, pisang ini tidak tidak dikomersialkan selain di Australia.

Ini 7 Fakta Unik di Balik Buah Pisang, Apa Saja | Breaktime
The Goldfinger, pisang rasa apel di Australia

Pisang dan Uganda

Pernahkah Anda bertanya-tanya negara mana yang paling banyak mengonsumsi pisang? Jawabannya adalah Uganda. Yups! Uganda adalah negara dengan penduduk paling banyak mengonsumsi pisang setiap tahunnya. Bayangkan, warga Uganda memakan pisang sebanyak 230 kg per tahun, per orang!

Makan pisang bikin happy

B’timers, tahukah Anda bahwa makan pisang bisa membuat Anda lebih ceria? Benar, ini karena pisang mengandung asam amino, tryptophan dan vitamin B6 yang membantu tubuh dalam memproduksi serotonin lebih banyak. Perlu Anda catat, serotonin adalah zat yang ampuh dalam mengusir depresi.

Itulah informasi tentang fakta buah pisang yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga menambah wawasan, ya! (nap)

Share This Article